Masyarakat Kota Jayapura Terus Didorong Manfaatkan Pekarangan rumah

Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura akan terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai salah satu program kerja yang difokuskan pada 2017 ini
Share it:
Foto bersama di stan Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura akan terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai salah satu program kerja yang difokuskan pada 2017 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Jayapura Leonard Lahallo, ketika dikonfirmasi, di stan Dinas Ketahanan Pangan pada kegiatan Pameran Pembangunan Kota Jayapura, Sabtu (12/8).

Ia mengaku baru menjabat sekitar 6 bulan sebagai kepada dinas namun terkiat program kerja Lahallo mengaku masih melanjutkan program sebelumnya.

Yaitu dengan mengutamakan program penggalangan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai solusi untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat seperti menanam sayur-mayur.

“Saya melihat di sana ada potensi yang sangat baik dari segi ekonomi keluarga. Dan itu cukup membantu karena sayur inikan cuma berumur 2 - 3 minggu sudah bisa dipanen dan dinikmati sehingga otomatis Ibu-ibu tidak susah cari sayur lagi,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi pemahaman terhadap tanaman kepada masyarakat, sehingga dapat mendorong kebersihan Kota Jayapura dalam mempertahankan predikat Adipura.

“Harapan saya sumbangsih dari tanaman pangan dapat ikut mendukung kota untuk mencapai harapan yang sudah ada dan akan kita tingkatkan, sehingga program ke depan akan difokuskan untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang ada,” tandas Lahallo.

Saat ini, pihaknya sudah memulainya di Waena kampung, dan itu adalah awal yang dibuat sebagai percontohan.

Lahallo juga menjelaskan, untuk mengembangkan tanaman pangan di pekarangan rumah, pihaknya juga akan menyiapkan pupuk berkualitas agar tidak ada lagi yang menggunakan pupuk pestisida.

Karena menurutnya, masyarakat wajib menikmati sayur-sayuran yang bebas dari pestisida dan baik untuk kesehatan.

“Semua jenis sayur kita siapkan, namun kita baru memulainya dengan sayuran sawi, kangkung dan bayam, dan nanti akan kita siapkan jenis sayur yang lainnya. Jika itu bisa berjalan dengan baik maka otomatis akan mencukupi kebutuhan rumah tangga itu sendiri,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini Dinas Ketahanan Pangan belum melayani ke seluruh masyarakat secara langsung.

“Kita masih memberikan secara gratis kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok binaan,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga