Masyarakat Mappi Gelar Karnaval Budaya Sambut HUT RI ke 72

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 72, Karnaval budaya kembali diadakan di kabupaten Mappi, tepatnya di Distrik Obaa, Senin (14/8).
Share it:
Karnaval Budaya di Kabupaten Mappi, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 72
Asmat, Dharapos.com
Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke 72, Karnaval budaya kembali diadakan di kabupaten Mappi, tepatnya di Distrik Obaa, Senin (14/8).

Beragam etnik dengan menggunakan seragam kebanggaan adat mereka sebagai wujud miniatur Indonesia turut memeriahkan acara tersebut.

Parade yang dihadiri Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu turut dimeriahkan kehadiran masyarakat dari berbagai distrik maupun pelajar.

Tak hanya itu saja, para peserta Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi pun turut serta memeriahkan
acara.

Peserta yang berasal dari Sabang hingga Merauke dengan bangga menggunakan pakaian adat daerah.

Sementara peserta Ekspedisi NKRI dari TNI/Polri memakai seragam kebanggaan satuan pasukannya.

Namun tidak sekedar menampilkan budaya, instansi pemerintahan pun unjuk kebolehan dengan menampilkan miniatur bangunan kepada masyarakat.

Ini juga menjadi cara Pemerintah menunjukkan hasil kerja selama setahun yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat.

Jalur parade pun berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana dimulai dari SMA Negeri 1 Distrik Obaa hingga simpang distrik.

Peserta Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi pun turut serta memeriahkan acara Karnaval Budaya  
Hal ini dimaksud untuk mengantisipasi terganggunya aktivitas warga karena tim Ekspedisi NKRI turut serta memeriahkan acara. Sementara banyaknya masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung penampilan peserta Ekspedisi NKRI.

Mama Marcela, salah satu peserta yang berasal dari kampung Wanggate mengaku senang dengan hadirnya para peserta Ekspedisi.

Mama yang menampilkan tarian budaya bersama keluarganya ini dengan bangga menampilkan tarian asal daerahnya.

Kegiatan yang bertujuan mengenalkan adat istiadat dan melestarikan budaya ini akan terus berlangsung.

Juga dimaksudkan agar para pemuda tidak melupakan asal daerah mereka di mana pun berada.

Acara yang terus berlangsung dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan ini kemudian diakhiri dengan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih. Sekaligus menutup hiburan pasar malam dan penyerahan hadiah dari rangkaian lomba yang telah dilaksanakan.

Yulius Londang, S.STP selaku Dokumentasi dan Informasi Setda Kabupaten Mappi, berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas simbolis tetapi menjadi cerminan pada nasionalisme untuk mencintai Indonesia.

“Terlebih kepada masyarakat yang hidup di tanah Mappi ini harus semakin mencintai tanah air meskipun tidak tinggal di daerah asalnya,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga