Masyarakat Muara Tami Syukuri Pelayanan Kesehatan Gratis

Ratusan masyarakat perbatasan di Distrik Muara Tami juga mendapat pelayanan kesehatan secara gratis berupa pengobatan massal dari Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Kesehatan setempat yang berlangsung di aula kantor distrik.
Share it:
Ratusan masyarakat Muara Tami antusias mendatangi lokas pengobatan massal gratis di aula distrik setempat
Pelayanan tersebut bertepatan dengan kegiatan ”Pemerintah Kota Jayapura Sehari Bersama Masyarakat  Wilayah Perbatasan Distrik Muara Tami“ yang digelar, Sabtu (5/8).

Antusias masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan cukup tinggi.

Uslina Rollo, salah satu masyarakat Skouw Yambe mengaku bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Wali Kota Jayapura atas program yang diarahkan kepada masyarakat di wilayah perbatasan ini.

“Mama bangga dan senang atas program Bapak Wali Kota yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat Muara Tami termasuk saya. Mama bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan itu baik untuk mama punya hidup,” ucapnya.

Uslina juga mengaku menderita sakit gula dan asam urat selama 6 tahun dan selama ini mendapatkan bantuan dari Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Posyandu lansia, bahkan mengikuti program olahraga di Puskesmas atau terkadang juga di aula distrik Muara Tami.

“Karena ada Tuhan maka mama bisa mendapat kesembuhan lewat program Pemerintah kota melalui Dinas Kesehatan bahkan Puskesmas -puskesmas yang ada di Skouw Yambe lewat obat-obatan yang diberikan. Karena setelah mendengar bahwa ada pengobatan gratis oleh Dinas Kesehatan, mama langsung datang untuk melakukan tes darah,” pujinya.

Pantauan media ini, Dinkes melibatkan tenaga dokter setempat untuk melakukan pelayanan terhadap berbagai penyakit yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG.

Kepala Dinkes Kota Jayapura, Arif Dwi Darmanto menuturkan pelayanan pengobatan massal secara gratis ini dilakukan dalam rangka HUT RI 72 melalui momen “Sehari Bersama Masyarakat Wilayah Perbatasan Distrik Muara Tami.”

Wali Kota, Wakil Wali Kota, Dandim 1701 Jayapura bersama unsur Muspida dan pimpinan OPD
terkait juga ikut meninjau pelayanan yang diberikan gratis tersebut
Selain dilayani dokter umum, masyarakat juga dilayani oleh dokter gigi, dokter spesial anak dan dokter spesial penyakit dalam.

Dokter yang dilibatkan pada pengobatan massal ini yakni dokter dari Puskesmas Koya Barat dan Skouw serta didukung dokter spesialis.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan darah juga diberlakukan kepada masyarakat.

“Intinya adalah pengobatan massal lengkap dan gratis karena selain pengobatan dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis anak dan spesialis penyakit dalam,” cetusnya.

Kadis juga memeriksa ibu-ibu hamil dengan menggunakan fasilitas USG terbaru yang didatangkan Pemkot untuk pelayanan di Dinkes Kota Jayapura.

“Kurang lebih 200 – 300 masyarakat perbatasan Distrik Muara Tami yang mengikuti pengobatan massal pada momen tersebut,” rincinya.

Untuk data jenis penyakit yang dominan di wilayah perbatasan hampir sama dengan di Kota Jayapura walaupun berbeda lokasi yaitu ISPA, malaria termasuk penyakit kulit masih dominan.

Penyakit tersebut menurut Kadis  disebabkan oleh lingkungan kualitas udara yang buruk juga berpengaruh terhadap infeksi saluran pernapasan

“Penanganan yang dilakukan dengan selalu menyediakan pelayanan kesehatan secara intensif terhadap
penyakit-penyakit tersebut melalui pengobatan massal selain pengobatan reguler yang dilakukan oleh Puskesmas maupun Puskesmas Pembantu,” urainya.

Bersamaan itu pula, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura melaksanakan pelayanan pemasangan kontrasepsi KB gratis bagi warga Distrik Muara Tami.

Pantauan media ini, masyarakat khususnya mama-mama sangat antusias untuk berdatangan ke tempat pelayanan KB tersebut.

Wali Kota, Wakil Wali Kota, Dandim 1701 Jayapura bersama unsur Muspida dan pimpinan OPD terkait juga ikut meninjau pelayanan yang diberikan gratis tersebut.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga