Merah Putih Terbentang di Ketinggian Kota Jayapura Sambut HUT RI ke 72

Demi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 72, Pemerintah hingga berbagai elemen masyarakat di seantero Nusantara berupaya menampilkan berbagai kreasi dalam rangka menyemarakkan momen krusial bagi sejarah lahirnya NKRI.
Share it:
Bendera Merah Putih terbentang di ketinggian Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Demi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 72, Pemerintah hingga berbagai elemen masyarakat di seantero Nusantara berupaya menampilkan berbagai kreasi dalam rangka menyemarakkan momen krusial bagi sejarah lahirnya NKRI.  

Tak ketinggalan, Pemerintah Kota Jayapura dan unsur Muspida di negeri berjuluk Port Numbay ini.
Bendera  Merah Putih  berukuran 50 × 20 meter pun dibentangkan di atas ketinggian ibu kota Provinsi Papua, tepatnya di Gunung Pangasku, persis di bawah tulisan Jayapura City.

Sejumlah tokoh penting terlibat dalam proses pembentangan bendera kebanggaan bangsa Indonesia ini.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM, Dandim 1701/Jayapura, Letkol. Inf. Nova Ismailyanto, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Akmal Abbas, SH, MH, dan Sekda kota Rasmus D.Siahaya, SH, MM.

Turut hadir, para Staf Ahli Wali Kota dan para Asisten serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Jayapura bersama jajaran Kodim 1701 dan Polres Jayapura kota serta TNI AL.

Pantauan media ini, pembentangan bendera dilakukan di atas ketinggian 708 meter dari permukaan laut yang ditandai dengan pengguntingan tali oleh Wali kota, Wawali, Dandim 1701/Jpr, Sekda Kota, dan Wakil ketua DPRD Kota Jayapura, Timbul Sipahutar.

Wali Kota pada momen tersebut menegaskan aksi ini merupakan momen penting sebagai salah satu bagian dalam memperingati HUT RI yang ke 72 yang jatuh pada 17 Agustus 2017.

Hari ini, Rabu (16/8), dari provinsi paling timur di Indonesia, tepatnya di Kota Jayapura, Pemerintah, Muspida dan masyarakat siap menggelorakan semangat perjuangan kemerdekaan.

Tegasnya, Pemerintah dan masyarakat ingin menunjukkan kepada Indonesia bahwa Kota Jayapura adalah salah satu wilayah bersama seluruh rakyatnya tetap menyatakan setia dan tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengguntingan pita oleh Wali kota, Wawali, Dandim 1701/Jpr, Sekda Kota, dan Wakil ketua DPRD Kota Jayapura
“Rakyat kota Jayapura, Wali Kota dan seluruh jajaran Muspida berada pada satu sukacita bagi hari yang bersejarah untuk kita rayakan pada tanggal 17 Agustus besok,“ cetus Wali Kota sebelum prosesi pembentangan bendera Merah Putih.

Dari negeri terbitnya matahari ini, Bendera Merah Putih akan berkibar menghiasi langit “Bumi Pertiwi”.

“Hal ini tentu juga untuk membuktikan bahwa kita cinta kepada Republik Indonesia, cinta kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan cinta kepada Bhinneka Tunggal Ika,“ tegasnya.

Pria yang sering disapa BTM ini juga mengingatkan semua pihak bahwa sejarah bangsa ini tidak pernah bisa dilupakan dan warga Kota Jayapura akan terus berpacu mengisi kemerdekaan ini di segala bidang pembangunan.

“Kemerdekaan harus kita hayati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai dasar negara kita untuk kita hidup saling menghormati dan saling mengasihi satu sama lainnya,” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, BTM juga memberikan apresiasi kepada Dandim 1701 Jayapura bersama jajarannya dan juga Kapolres Jayapura Kota bersama seluruh jajarannya yang telah menyediakan waktu sejenak untuk bersama-sama melakukan kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih.

Penghormatan kepada Bendera Merah Putih usai terbentang sempurna di ketinggian Kota Jayapura
“Dari Kota Jayapura, kami tetap NKRI. Sekali NKRI tetap NKRI, sekali Merah Putih tetap Merah Putih,” tukasnya mengakhiri sambutannya.

Pada momen yang sama, Dandim 1701 Jayapura juga menuturkan bahwa TNI di kawasan  perbatasan RI-PNG turut menggelar bendera Merah Putih di sepanjang jalan berjarak 25 Km untuk memeriahkan suasana Kemerdekaan RI yang ke 72.

Selain itu juga, Kodim 1701 Jayapura menyerahkan 3000 buah bendera Merah Putih yang dibagikan kepada warga di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini.

Termasuk kegiatan yang dilakukan di distrik yang merupakan bagian kegiatan Pemkot yang bersinergi dengan TNI-Polri khususnya Kodim dan Polres.

“Hal ini tentu untuk menunjukkan kepada warga bahwa 17 Agustus 1945 adalah hari Kemerdekaan RI dan 17 Agustus 2017 merupakan  HUT RI yang ke 72,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga