Pemkab Sarmi Gelar Upacara HUT RI ke 72

Pemerintah Kabupaten Sarmi menggelar upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 dengan mengambil lokasi di lapangan BKPLA, Distrik Sarmi Selatan, Kamis (17/8).
Share it:
Momen pengibaran bendera Merah Putih saat peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI
ke 72 dengan mengambil lokasi di lapangan BKPLA, Distrik Sarmi Selatan, Kamis (17/8)
Sarmi, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten Sarmi menggelar upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 dengan mengambil lokasi di lapangan BKPLA, Distrik Sarmi Selatan, Kamis (17/8).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Bupati, Drs. Eduard Fonataba, MM sementara bertindak selaku komandan upacara, Lettu Inf. Rintra.

Peserta upacara terdiri dari 1 SSK Gabungan Kompi C Yonif 751/R dan Kodim 1712/Sarmi dan 1 SSK Polres Sarmi.

Kemudian 1 SSK Satpol PP, ASN setempat, gabungan siswa siswi SMU,SPM,SD, Gabungan Paguyuban serta Persatuan Ojek Kabupaten Sarmi.

Upacara ini turut dihadiri Dandim 1712/Sarmi, Letkol. Arm. Hendra Pesireron, Kapolres  Sarmi AKBP Paul Isak, Ketua DPRD setempat Albert Kiky Wenggy, Ketua MUI Sarmi Ahmad Mainatu, dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sarmi.

Pantauan Beritapapua.Dharapos.com, detik-detik proklamasi ditandai dengan 17 kali dentuman meriam yang dibunyikan anggota Kodim 1701/Jayapura yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Timbul Sipahutar.

Acara berlanjut kemudian, dimana selaku irup, Bupati menyerahkan bendera Merah Putih kepada salah satu perwakilan pasukan pengibar bendera (Paskibra) untuk selanjutnya dikibarkan.

Bupati, Drs. Eduard Fonataba, MM saat bertindak selaku Inspektur Upacara
Pengibaran bendera pun berlangsung khidmat diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Bupati kemudian memimpin prosesi mengheningkan cipta sebagai wujud penghargaan atas jasa arwah para pahlawan dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Upacara detik-detik Proklamasi kemudian diakhiri dengan pembacaan UUD 1945 oleh Enos Demomonmau, A.Ma.Pd , yang juga Wakil ketua II DPRD Sarmi.

Bupati dalam sambutannya mengatakan kemerdekaan ini telah diraih bersama.

“Oleh karena itu selaku anak bangsa yang ada di kabupaten Sarmi kita wajib mengisi kemerdekaan ini dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang,” imbuhnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat Sarmi untuk terus menjaga kebinekaan, persaudaraan, dan saling menghargai antar sesama.

Ia juga mengajak seluruh komponen baik TNI-PORI, tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat untuk bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Mari kita bersatu tangkal paham radikalisme yang hendak memecah kebersamaan kita,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga