Pemkot Bersama BKN dan PT. Taspen Siapkan Pelayanan Otomatis Bagi ASN

Pemerintah kota melalui Badan Kepegawaian dan Pelatihan bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX dan PT. Taspen Jayapura telah menyatakan komitmen dalam melakukan pelayanan otomatis kepada Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah setempat
Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM bersama Kepala BKN Regional IX dan pimpinan PT. Taspen Jayapura
didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota DR. Robert Betaubun, M.Pd saat menyampaikan
keterangan pers terkait pelayanan otomatis bagi ASN Pemkot  
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota melalui Badan Kepegawaian dan Pelatihan bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX dan PT. Taspen Jayapura telah menyatakan komitmen dalam melakukan pelayanan otomatis kepada Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah setempat

"Pemerintah kota, BKN dan PT. Taspen telah melakukan rapat bersama dalam rangka kesepahaman untuk melakukan pelayanan kepada aparatur sipil negara Pemerintah Kota Jayapura," ungkap Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, Rabu (23/8).

Pelayanan secara otomatis yaitu baik hak-hak kepegawaian maupun hak-hak keuangannya.

Dikatakannya, untuk hak-hak kepegawaian ada rencana aksi dari kantor regional IX BKN Jayapura bahwa pada 1 Oktober mendatang akan di launching kenaikan pangkat otomatis yang dimulai dari Kota Jayapura.

Selain itu juga BKN akan mendampingi Pemkot untuk melakukan Analisa Jabatan (Anjak) dan Analisa Beban Kerja (ABK).

“Banyak orang berbicara tentang Anjak dan ABK tapi fakta belum terealisasi dengan baik. Olehnya itu, kami membangun kerja sama dengan BKN serta PT. Taspen agar bisa mendampingi Pemerintah Kota untuk bagaimana menata proses penyelenggaraan pelayanan kepegawaian kepada aparatur sipil negara tapi juga mendorong agar mereka bisa berkinerja dengan baik,” urainya.

Sehingga di akhir dari pengabdiannya, maka ASN tersebut tidak perlu susah-susah untuk mengurus ke Kantor Taspen.

“Namun kita menginginkan agar ketika ASN tersebut,mengusulkan pensiun langsung Taspen juga otomatis keluar,” imbuhnya.

Kegiatan ini nantinya lakukan secara menyeluruh di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua dan dimulai dari kota Jayapura selaku pilot project.

Kepala BKN Regional IX  Jayapura, Paulus Dwi Laksono H, mengakui program pendampingan terhadap manajemen kepegawaian di seluruh wilayah kabupaten/kota Provinsi Papua ini sesuai dengan wilayah kerja BKN Regional IX.

“Kota Jayapura akan dijadikan sebagai salah satu pilot project kami untuk melakukan pendampingan,” akuinya.

Dan salah satu yang akan dilakukan adalah  tahapan kenaikan SK tepat waktu dan untuk 2017 penyerahan SK kenaikan pangkat pegawai di lingkungan Kota Jayapura tepat waktu.

“Selain itu juga, dengan adanya kenaikan pangkat pegawai tepat waktu maka kita juga harus melakukan rekonsiliasi data base PNS di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dengan data PNS yang ada di BKN,” sambung Laksono.

Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjamin kelancaran kenaikan pangkat otomatis Oktober 2017 dan seterusnya.

“Dengan adanya kenaikan pangkat, maka untuk usul kenaikan pangkat maupun pensiun kita tidak lagi menggunakan dokumen berkas tapi menggunakan secara otomatis dengan kabupaten/kota melakukan peremajaan data melalui SAPK dengan modal teknologi informasi digital,” cetusnya.

Dengan demikian, nantinya tidak ada lagi petugas dari kabupaten/kota maupun pensiunan mondar-mandir ke kantor regional.

“Mereka hanya berada di kantor kabupaten/kota masing-masing dan kita sampaikan listing naik pangkat maupun pensiun hanya daerah tinggal menyetujui apabila tidak ada keberatan dan itulah yang akan kita tetapkan,” tandasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Kota Jayapura, DR. Robert Betaubun, M.Pd juga menambahkan menindaklanjuti arahan dan kebijakan Wali Kota untuk upaya mendisiplinkan pegawai negeri sipil maka pihaknya telah mengambil langkah-langkah dalam rangka peningkatan dan pembinaan ASN.

“Mengawali itu, pada 2 Agustus kemarin, kami beserta seluruh pejabat melakukan pertemuan dengan Kepala BKN Regional IX di kantor BAKN,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, membicarakan bagaimana pelayanan maksimal bagi ASN Kota Jayapura. Kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Kepala PT Taspen Jayapura untuk membicarakan hal yang sama yaitu pelayanan pensiun bagi ASN purna tugas.

“Tanggal 22 Agustus kami pertemuan di ruang rapat Kepala Badan Kepegawaian Kota Jayapura dan hari ini kita laporkan kepada Sekretaris Daerah Kota Jayapura untuk rencana aksi penanganan pengelolaan ASN sehingga nantinya tanggal 1 Oktober, kita akan launching kenaikan pangkat otomatis di Kota Jayapura sebagai pilot project bersama Kepala PT. Taspen dan Kepala BAKN Jayapura,” rincinya.

Nantinya Wali Kota akan diminta untuk mencanangkan kenaikan pangkat otomatis tersebut sekaligus penyerahan SKnya.

Sementara, Kepala Perwakilan PT. Taspen Jayapura, Janu Warsito mengatakan dalam program kerja pihaknya, salah satunya adalah layanan klaim otomatis.

“Kami dari sisi Taspen dalam memberikan penghargaan kepada aparatur sipil negara yang mau pensiun selama ini mereka yang mendatangi PT Taspen. Namun saat ini layanan sudah  berubahyaitu menjemput bola dengan mendatangi calon-calon penerima pensiun,” bebernya.

Hal itu juga bisa tercapai apabila dari BAKN turut melakukan kerja sama dengan Pemda Kota Jayapura yaitu jika semua calon penerima pensiun saat mengajukan SK pensiun sudah mengisi form dalam lampiran pengusulan SK.

“Sehingga saat jatuh tempo, pensiun dalam tabungan hari tua otomatis masuk ke rekening masing-masing,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga