Pengunjung Festival Teluk Humbold ke 9 Capai Puluhan Ribu Orang

Ketua Panitia, Drs. M. Nur Jainuddin Konu, M.KP dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Festival Teluk Humbold yang ke-9 dari awal hingga penutupan berlangsung aman, lancar dan sukses.
Share it:
Ribuan warga Kota Jayapura padati malam penutupan Festival Teluk Humbold ke 9, Senin (7/8)
Jayapura, Dharapos.com
Ketua Panitia, Drs. M. Nur Jainuddin Konu, M.KP dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Festival Teluk Humbold yang ke-9 dari awal hingga penutupan berlangsung aman, lancar dan sukses.

Hal tersebut ditandai dengan animo masyarakat untuk menyaksikan berbagai acara yang disajikan.
“Pengunjung domestik sejak hari pertama hingga penutupan mencapai lebih kurang 54.000 orang,” rincinya saat penutupan Festival Teluk Humbold ke 9, Senin (7/8).

Bahkan jumlah wisatawan mancanegara yang turut menyaksikan momen tersebut berjumlah 44 orang dari berbagai negara seperti Belanda, Australia, Swiss, Kanada, Inggris, Jerman, Italia dan Prancis.
Belum lagi tingginya transaksi perekonomian selama pelaksanaan festival.

Seperti pedagang kuliner sebanyak 50 pedagang dengan rata-rata penghasilan 600 ratus ribu per hari sehingga total jumlah penghasilan selama 5 hari kegiatan mencapai Rp 174 juta.

Kemudian, pedagang asesoris sebanyak 63 orang dengan rata-rata penghasilan Rp 3 juta lebih per hari selama 5 hari kegiatan dengan penghasilan capai Rp 1 miliar lebih. Juga 40 pedagang pinang dengan penghasilan rata-rata per hari 400 ribu selama 5 hari sebesar Rp 90 juta.

“Sehingga total transaksi ekonomi selama pelaksanaan Festival Teluk Humbold ke 9 mencapai Rp 1 Miliar lebih,” rincinya.

Dijelaskan Konu, Festival Teluk Humbold ke-9 tahun ini dikemas sedemikian rupa setelah dilakukan evaluasi pada penyelenggaraan di tahun kemarin.

“Kita kemas dengan baik sehingga festival tahun ini dibanjiri ribuan pengunjung selama 4 hari berturut-turut bahkan pengunjung dari wisatawan manca negara,” jelasnya.

Potensi perkembangan kreasi anak-anak muda di Kota Jayapura diakui Konu juga sangat bagus namun karena tidak adanya event yang digelar sehingga belum tersalurkan secara baik.

“Makanya acara festival ini kita buka seluas-luasnya selama 5 hari untuk anak muda berkreasi,” tukasnya.

Sebelum Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM menutup event wisata dan budaya tersebut, pengunjung dihibur dengan tarian adat dan dancer serta peragaan busana batik Port Numbay

Pantauan media ini, malam penutupan festival di banjiri ribuan masyarakat Kota  Jayapura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga