Permasalahan Pertambangan Rakyat di Papua Harus Diselesaikan Secepatnya

Permasalahan pertambangan rakyat di Provinsi Papua harus segera diselesaikan secepatnya.
Share it:
Asisten II Sekda Papua, Drs. Elia I. Loupatty saat memberikan keterangan pers
Jayapura, Dharapos.com
Permasalahan pertambangan rakyat di Provinsi Papua harus segera diselesaikan secepatnya.

“Hal ini berkaitan dengan sebelumnya ada kewenangan sesuai peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa semua usaha pertambangan itu kewenangannya ada di Provinsi,” ungkap Asisten II Sekda Papua, Drs. Elia I. Loupatty yang dikonfirmasi seusai acara Pembinaan dan Pengawasan Terpadu terhadap Pelaku pertambangan bersama Komisi VII DPR RI di Jayapura, Rabu (23/8).

Hingga saat ini, untuk E3D belum selesai, oleh karena itu, pihaknya mengharapkan tahun ini bisa rampung.

“Karena dalam usaha pertambangan, dokumen itu sangat penting,” akui Loupatty

Lanjutnya, dalam pertemuan yang dilakukan hari ini para pengusaha telah menyampaikan hal-hal yang bagi mereka harus diselesaikan.

“Tetapi kami juga sebagai Pemerintah daerah harus segera menyelesaikan tanggung jawab kami terhadap apa yang perlu diselesaikan,” lanjut Loupatty.

Olehnya itu, pihaknya berharap apapun investasi yang masuk ke Papua maupun usaha-usaha pertambangan lain dapat diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Sehingga tidak terjadi lagi masalah-masalah bagi siapa pun,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ir. Bambang Susigit, MT dari Kementrian Energi Sumber Daya Mineral dan Batu Bara mengatakan dalam pertemuan yang dilakukan pada hari ini ada beberapa isu yang didapat pihaknya dan harus ditindak lanjuti.

“Isu-isu itu antara lain proses izin yang lama, pinjam pakai yang terkendala, dan penetapan wilayah yang harus dipercepat,” bebernya.

Hal-hal inilah yang harus dioptimalkan agar pelaku usaha punya kepastian, sehingga investasi bisa berjalan dengan baik dan kontribusinya bisa dirasakan masyarakat.

“Dan inilah tujuan dari kegiatan pembinaan pengawasan terpadu dengan Komisi VII DPR RI yang kita lakukan di hari ini,” pungkasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga