Program dan Kegiatan OPD Harus Mengacu pada Visi Misi Pemkot

Pemerintah Kota Jayapura Rapat Kerja Daerah (Rakerda), yang berlangsung di gedung Sian Soor kantor Walikota setempat, Rabu ( 9/8).
Share it:
Pembukaan Rakerda Pemkot Jayapura bertempat di gedung Sian Soor kantor Walikota setempat, Rabu ( 9/8)
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), yang berlangsung di gedung Sian Soor kantor Walikota setempat, Rabu ( 9/8).

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, menekankan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun program dan kegiatan harus mengacu pada  visi dan misi Pemkot yang nantinya juga akan dimasukkan ke dalam RPJMD Kota Jayapura 2017 – 2022.

Yaitu “Mewujudkan Kota Jayapura sebagai Kota Beriman,Bersatu, Mandiri, Sejahtera, Modern, Berbasis Kearifan Lokal yang  menjadi landasan untuk 5 tahun ke depan.

“Visi Pemerintah kota ini harus terpajang di setiap ruang kerja,” tegasnya di depan peserta Rakerda yang melibatkan seluruh pimpinan OPD, dan Muspida kota Jayapura serta pemangku kepentingan terkait.

Visi ini juga dijabarkan dalam 8 misi meski pada kepemimpinan 5 tahun yang lalu hanya melaksanakan program berdasarkan 7 misi.

“Dengan demikian kita dapat menyusun program kita berdasarkan visi ,misi dan RPJMD kota Jayapura. Karena pemeriksaan KPK dan BPK tentu akan merujuk dari visi misi RPJMD apakah sesuai program yang disusun atau tidak,” lanjutnya.

Ketujuh misi sebelumnya yaitu meningkatkan kualitas hidup umat beragama, meningkatkan penataan kepemerintahan yang baik dengan dukungan kapasitas birokrasi yang profesional, membangun kota yang bersih Indah aman nyaman, serta meningkatkan kualitas hidup dan sumber daya masyarakat.

Kemudian mengembangkan potensi kota sebagai kota jasa, kota perdagangan, kota pendidikan, kota pariwisata dan utilitas kota yang berwawasan lingkungan, meningkatkan supremasi hukum dan kualitas demokrasi, memperkuat hak adat dan memperdayakan masyarakat adat dan kampung, memperkuat hak adat dan memperdayakan masyarakat adat dan kampung.

Satu misi yang di tambahkan yaitu mengejawantahkan Nawacita dalam pembangunan daerah.

“Ke 8 misi ini harus diketahui oleh kita semua, sehingga program yang akan kita kerjakan selama lima tahun ke depan juga pasti mengacu kepada RJMD,”sambungnya.

Selain itu juga, moto yang melandasi OPD bekerja juga harus diketahui oleh semua orang yang tinggal di kota ini.

“Kita semua yang ada dalam ruangan ini harus mengetahui moto Kota Jayapura dan artinya. Juga harus terpampang di ruang kerja kita dan kita harus  menyosialisasikan kepada seluruh warga Kota,” dorongnya.

"Hen Tecahi Yo Onoomi T’Mar Ni Hanased “ yang artinya Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Nama Tuhan“.

“Moto ini tidak bisa kita perdebatkan lagi, karena sudah dikaji dan dipetakan sehingga tidak boleh diperdebatkan lagi. Bahkan dalam sidang klasis pun telah ditetapkan menjadi moto bersama antara Pemerintah kota dan semua agama yang ada di kota Jayapura,” cetusnya.

Untuk itu, dengan berpedoman kepada RPJM yang dilihat dari program-program yang strategis dapat segera ditangani dan meminta semua pemangku kepentingan terkait untuk berperan aktif.

Di tempat yang sama Sekertaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM menambahkan, Rakerda ini di dasarkan pada UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang otonomi khusus , UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan Peraturan Pemda Kota Jayapura No. 7 Tahun 2016 tentang APBD Pemkot Jayapura Tahun 2017.

Untuk membahas dan memperbincangkan berbagai program strategis, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta untuk mencapai kesepakatan dan kesepahaman bersama dalam mengimplementasikan visi dan misi Pemkot Jayapura.

Lanjutnya, pelaksanaan Rakerda ini dimaksudkan sebagai forum tertinggi Pemerintah dan Muspida serta pemangku kepentingan di wilayah Kota Jayapura untuk membahas berbagai isu strategis guna mencapai visi dan misi Pemkot Jayapura.

Juga untuk rekonsiliasi semua pikiran baik itu Muspida, pemangku kepentingan terkait serta para OPD dalam rangka mewujudkan dan menyukseskan visi misi Wali Kota Jayapura.

“Saat ini dibutuhkan komunikasi kita semua melalui diskusi yang kita buka agar masing-masing pihak dapat memberikan pikiran yang mana merupakan program strategis untuk didorong percepatan implementasinya,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga