Sehari di Distrik Heram, Wali Kota Laksanakan Serangkaian Kegiatan

Pemerintah Kota Jayapura kembali menggelar kegiatan sehari bersama masyarakat di Distrik Heram dalam rangka Bulan Kemerdekaan dan HUT RI ke 72 tahun, Selasa (8/8).
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura kembali menggelar kegiatan sehari bersama masyarakat di Distrik Heram dalam rangka Bulan Kemerdekaan dan HUT RI ke 72 tahun, Selasa (8/8).


Di momen tersebut, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM melakukan berbagai kegiatan yang diawali dengan peresmian satu unit rumah layak huni untuk Keluarga Yacob Tabuni yang berdomisili di RT 02 RW 02 Kelurahan Yabansai.

Pembangunan rumah tersebut bersumber dari Dana Pembangunan dan Pemberdayaan Kampung (DP2K).

Sesuai dengan laporan Kepala Kelurahan Yabansai, Anace Kaigere, biaya yang digunakan untuk pembangunan rumah layak huni ini sebesar Rp 150 juta dan juga swadaya dari masyarakat setempat berupa bantuan material pembangunan dan tenaga.

Setelah itu dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung sekolah Minggu Gereja Kristen Injil Jemaat Eben Heazer Yoka di kelurahan Waena yang bersumber dari Alokasi Dana Kampung Yoka Tahun 2017 sebesar Rp 500 juta.

Kepala Kampung Yoka, Antonius Mebri mengakui anggaran pembangunan berasal dari dana alokasi kampung sebesar Rp 500 juta dan swadaya gereja berupa material bangunan.

Terkait hal ini, dalam arahanya, Wali Kota berjanji akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 150 juta beserta bantuan material untuk pembangunan gedung itu.

Adapun peletakan batu pertama ini dilakukan oleh perwakilan gereja dari GKI Klasis Sentani, Wali Kota dan Ondoafi Yoka.

Masih pada momen yang sama, Wali Kota meresmikan ruang pertemuan atau Sekretariat Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kelurahan Waena yang berlokasi tepat di samping kantor lurah setempat.

Kepala Kelurahan Waena, Kundrat Tukayo melaporkan bantuan yang diberikan bersumber dari dana pemberdayaan kampung dan kelurahan tahun 2017 serta dana Program Nasional Pemberdayan Masyarakat (PNPM) Mandiri atau prospek tahun anggaran 2016.

Wali Kota juga berkesempatan menyerahkan bantuan barang secara simbolis bertempat di kantor Distrik Heram, yang bersumber dari program strategis pembangunan ekonomi dan kelembagaan kampung/kelurahan (Prospek) tahun anggaran 2016 yang diberikan ke penerima manfaat.

Diantaranya, Ibu Dina Bekaway berupa bantuan jualan pinang dari Kelurahan Hedam, Nona Juliana Yoku bantuan penjualan kue dari Kelurahan Waena, Ibu Emy Modouw bantuan penjualan pulsa m-kios dari Kelurahan Yabansai dan Ibu Ribka Olua bantuan penjualan sirup dari Kampung Yoka.

Sedangkan penyerahan bantuan barang dari dana DP2K ke Ibu Flora Deda berupa  bantuan PMT dan timbangan Posyandu dari Kelurahan Hedam dan ibu Wasty Imbiri berupa bantuan unit untuk timbangan Posyandu dari Kelurahan Waena serta penerimaan seragam baju batik Polisi Masyarakat (Polmas) kepada perwakilan Bapak Paulus Samay.

Wali Kota menegaskan Pemkot Jayapura akan terus melakukan pembangunan di segala bidang baik fisik maupun non fisik.

“Kemajuan-kemajuan pembangunan di Kota Jayapura, sudah kita rasakan pada 5 tahun pertama, sehingga rakyat masih memberikan kepercayaan kepada saya untuk melanjutkan lima tahun ke depan,” tegasnya.

Foto bersama usai peresmian
Namun diakuinya, jika pada periode pertama pembangunan belum begitu merata di segala bidang, maka pada periode ke dua ini akan di selesaikan.

Untuk itu, sebagai wujud nyata kepedulian Pemkot Jayapura terhadap rakyatnya sehingga ada kedekatan antara masyarakat dan pemerintah maka momen sepperti ini perlu dilakukan.

Wali Kota juga mengatakan,Pemerintah menyiapkan dana yang cukup besar 5 tahun yang lalu yang diprogramkan melalui dana untuk kelurahan kampung (DP2K) sebesar Rp 250 juta.

Karena itu, Lurah dan kepala Kampung diminta membuat program prioritas yang menyentuh kepada rakyat seperti perumahan, jalan lingkungan, drainase, membantu koperasi simpan pinjam serta membantu pemuda yang ada di wilayah kerja masing-masing dengan dana tersebut.

“Nantinya di tahun 2018 mendatang akan dilakukan evaluasi apakah dana tersebut akan ditambah 50 juta menjadi 300 juta atau masih tetap 250 juta. Karena setiap program dilakukan evaluasi apakah ada dampak dan manfaat kepada masyarakat,” sambungnya.

Dana pemberdayaan distrik juga setiap tahun diberikan sebesar Rp 900 juta kepada 5 distrik dan mereka juga menyusun program berdasarkan prioritas pembangunan di wilayah kerjanya itu sesuai kebutuhan masyarakat dan

“Nantinya juga akan dilakukan evaluasi penggunaan dana tersebut. Jika evaluasi dana tersebut bermanfaat maka dana Rp 900 juta akan ditambah Rp 100 juta menjadi Rp 1 Miliar,” janji Wali Kota.

Pemkot juga memberikan bantuan dana Rp 25 juta dalam bentuk bahan-bahan bangunan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Program saya lewat Dinas PU 5 tahun pertama di kampung dan di kota kita bangun rumah-rumah masyarakat layak huni dan 5 tahun berikutnya akan terus diprogramkan dengan tidak melihat siapa orang itu,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Heram, H. Jayakusuma, SE. MM dalam sambutannya menyampaikan kegiatan sehari bersama Wali Kota Jayapura merupakan acara primadona bagi Distrik Heram.

Dimana pada tahun ini telah memasuki tahun ke tiga yang telah dilaksanakan oleh Pemkot melalui Pemerintah Distrik Heram pada tahun 2017, sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Jayapura Nomor 14 Tahun 2008 dan DPA Distrik Heram tahun 2017.

“Maksud kegiatan ini dilaksanakan untuk menyampaikan kepada Bapak Wali Kota Jayapura tentang proses pembangunan yang dilaksanakan di wilayah Distrik Heram dan sekaligus sebagai wadah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program prioritas pembangunan yang dilakukan,” jelasnya.

Dirincikannya pula, bantuan pemberdayaan distrik tahun ini yakni pembangunan ruang pertemuan Kantor Kelurahan Waena, pemasangan tegel ruang pertemuan Kantor Kelurahan Hedam, pembangunan pagar lingkungan di Kelurahan Waena, bantuan meja jualan kepada penjual pinang dan sayur, serta bantuan kursi plastik, kompor, dandang dan wireless kepada Posyandu.

Kemudian bantuan penunjang operasional keagamaan kepada gereja dan mesjid, serta bantuan seragam batik kepada FKPM Kelurahan Waena.

Jayakusuma mengakui tujuan ini agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyukseskan pembangunan Kota Jayapura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga