SMAN 3 Juarai Lomba Kadarkum se Kota Jayapura 2017

SMA Negeri 3 Jayapura akhirnya tampil sebagai pemenang Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura Tahun 2017.
Share it:
Tim SMAN 3 Jayapura yang berhasil tampil sebagai pemenang Lomba Keluarga Sadar Hukum
Tingkat Sekolah Menengah Atas se Kota Jayapura Tahun 2017 bersama kepsek dan guru
Jayapura, Dharapos.com
SMA Negeri 3 Jayapura akhirnya tampil sebagai pemenang Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura Tahun 2017.


SMAN 3 berhasil menyisihkan para pesaingnya diantaranya, SMAN 5 yang kemudian menempati tempat ke II dan SMA Yapis pada urutan III.

Sedangkan Juara Harapan I diraih SMAN 2 dan Harapan II jadi milik SMA YPPK Taruna Darma.

Wali Kota yang diwakili Asisten I Setda Kota Jayapura, Drs. Hanock Wambukomu pada acara penutupan Lomba Keluarga Sadar Hukum  (Kadarkum) Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura, di kantor Wali Kota, Kamis (24/8) mengatakan Pembangunan hukum harus dilaksanakan secara komprehensif mencakup substansi, kelembagaan dan budaya hukum serta diikuti dengan upaya penegakan secara tegas dan konsisten.

Peraturan perundang-undangan  pada hakekatnya merupakan pedoman bagi masyarakat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Hal ini guna menciptakan keadaan yang tenteram, tertib dan aman dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera baik rohani maupun jasmani,“ ungkapnya.

Lanjutnya, sebagaimana visi ke 6 yakni meningkatkan kualitas hukum dan demokrasi maka ke depan
Pemkot akan memberikan perhatian penuh dalam perbaikan elemen-elemen hukum yang utama yaitu materi, aparatur dan budaya hukum serta sarana dan prasarana pendukung.

Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura Merlan S. Uloli, SE, M.Si saat menyerahkan hadiah kepada pemenang
“Masyarakat juga akan terus di dorong melalui penyuluhan hukum, lomba kadarkum , dimana kesadaran hukum masyarakat merupakan satu hal yang mutlak dimiliki setiap warga Kota Jayapura,” tukasnya.

Sementara itu, siswa SMAN 3, Nodas Uziel Putra Serpara mengaku sangat senang karena sekolahnya terpilih sebagai pemenang.

“Senang... iya, kami bisa keluar sebagai juara satu. Terima kasih kepada Tuhan dana juga para guru yang karena percaya akan kami serta teman-teman dan telah memberikan motivasi untuk kami,” akuinya.

Nodas juga mengaku senang lomba ini bisa dilakukan agar dirinya dan seluruh pelajar lainnya dapat mengetahui tentang Perda Kota Jayapura.

“Persiapan kami dimana setiap hari harinya, guru kami memberikan waktu untuk kami menghafal 20 soal setiap hari termasuk menguji kami dengan soal-soal yang telah diberikan kepada kami,” lanjutnya.

Dalam mengikuti lomba tersebut Nodas bersama teman-teman telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilombakan baik itu dari Dewan juri maupun dari Wali Kota sendiri.

“Para guru di sekolah selama ini menilai kami sangat aktif sehingga bisa terpilih untuk mengikuti lomba Kadarkum yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Jayapura melalui bagian hukum. Dan kami juga tidak ingin mengecewakan para guru sehingga kami pun benar-benar belajar dengan tekun,” bebernya.

Penutupan Lomba Kadarkum 2017 oleh Asisten I Setda Kota ditandai pabuhan tifa bersama-sama 
Untuk itu, Nodas menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing dirinya bersama tema-teman yang mengikuti lomba hingga berhasil keluar sebagai pemenang lomba Kadarkum ini.

Kepala SMAN 3 Jayapura, Anton Joko Martono,M.Pd juga memberikan apresiasi kepada peserta didiknya yang mampu keluar sebagai juara 1 Lomba Kadarkum 2017 yang diselenggarakan Pemkot.

“Tahun 2016 lalu kami keluar sebagai juara 3 dan di tahun 2017 anak-anak kami mampu bersaing hingga bisa menjadi juara 1,” pujinya.

Kepsek juga mengakui bahwa kemenangan ini merupakan kerja keras anak-anak bahkan para guru yang selama ini menuntun mereka.

Dalam satu tim diperkuat 3 orang anak Papua asli yang salah satunya juga merupakan peserta yang pernah ikut di tahun 2016 lalu sementara dua anak lainnya di tim SMAN 3 adalah anak-anak Non Papua.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anak-anak ini karena telah menunjukkan komitmen dan dedikasinya sehingga berhasil keluar sebagai juara pertama Lomba Kadarkum 2017,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

1 comments:

  1. tolong untuk tahun depan jika ada lomba KADARKUM atau sejenisnya, kami dari MA Persiapan Negeri Koya Barat di Undang agar bisa bersaing ( pernah juara 2 Lomba kadarkum sebelumnya )

    BalasHapus

Olahraga