Wali Kota Targetkan Kota Jayapura Raih Adipura Kencana

Walikota DR. Benhur Tomi Mano.MM, dalam aksi tanam 1.111 anakan pohon di hutan Bhayangkara meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jayapura untuk mendokumentasi semua kegiatan bahkan orang yang terlibat pada momen tersebut.
Share it:
Tampak Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM bersama OH Terminal BBM
PT. Pertamina, Abdul Gazing saat melakukan penanaman anakan pohon
Jayapura, Dharapos.com
Walikota DR. Benhur Tomi Mano.MM, dalam aksi tanam 1.111 anakan pohon di hutan Bhayangkara meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jayapura untuk mendokumentasi semua kegiatan bahkan orang yang terlibat pada momen tersebut.

Karena langkah mendokumentasikan kegiatan tersebut menjadi salah satu kriteria penilaian guna mendapatkan piala Adipura Kencana.

Wali kota mengaku tak puas kalau hanya sebatas meraih Adipura Kirana seperti yang telah Kota Jayapura raih berturut-turut.

“Saya mau di tahun-tahun berikut Kota Jayapura harus mendapat Adipura Kencana,” tandasnya, disela-sela kegiatan Tanam 1.111 anakan pohon di hutan Bhayangkara,Jumat (11/8).

Berkaitan dengan itu, maka harus mulai ada langkah-langkah  konkret dari DLH Kota Jayapura untuk mendapatkan Adipura Kencana.

Adipura, lanjut pria yang akrab disapa BTM ini merupakan  satu harga diri bagi kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Sebagaimana Wali Kota Bandung dan seluruh rakyatnya bisa berjuang untuk mendapatkan Adipura Kencana, begitu pula Wali Kota Surabaya, dan Makassar bersama seluruh rakyatnya juga berjuang untuk mendapatkan Adipura Kencana.

Dalam hal ini, bagaimana Pemerintah dan rakyatnya menjaga lingkungan yang bersih, sehat dan hijau.

“Langkah-langkah apa yang akan kita lakukan untuk mendapatkan Adipura Kencana sebagai prestasi tertinggi di bidang kebersihan,” ungkapnya.

Terkait pelestarian lingkungan, Presiden juga memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada para kepala daerah yang cinta kebersihan.

Hal itu ditunjukkan melalui pesan orang nomor satu di Indonesia ini pada acara  puncak hari lingkungan hidup dan penyerahan piala Adipura bahwa 1 orang wajib menanam 25 pohon.

Sementara itu, untuk penanaman pohon yang dilakukan oleh institusi TNI dan POLRI, Pemerintah Kota Jayapura tidak ikut terlibat untuk memotret.

“Karena saat presentase nanti Wali Kota akan ditanya berapa pohon yang sudah di tanam setiap tahun dan 
kita tidak mempunyai data untuk menampilkan secara nyata kepada mereka apabila tidak dibuat dari sekarang,” sambungnya.

Lanjutnya, aksi tanam ribuan pohon hari ini merupakan partisipasi Pertamina bersama Pemkot yang nilai memiliki nilai tinggi.

“Kita semua yang hadir dalam melakukan penanaman adalah tangan-tangan yang diberkati oleh Tuhan. Kalau kita menanam dengan hati yang tulus dan ikhlas maka pohon itu akan bertumbuh hijau, namun kalau kita tanam dengan hati yang tidak tulus dan dengan dongkol maka setelah pohon itu kita tanam, sepulang dari penanaman,  pohon tersebut akan  layu,” lanjut BTM.

Olehnya itu, ia mengajak semua pihak harus menyatu dengan alam.

“Kalau kita mencintai alam, maka alam juga akan mencintai kita,” tukasnya.

OH Terminal BBM PT. Pertamina, Abdul Gazing dalam sambutan mengatakan, aksi penanaman 1.111 anakan pohon ini merupakan kerja sama PT.Pertamina dan Terminal BBM Jayapura dengan Pemkot Jayapura, melalui DHL kota Jayapura

Dimana telah terjadi penururunan daya dukung lingkungan, akibat kegiatan pembangunan fisik.

“Untuk itu, Pertamina telah berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjaga kelestrian lingkungan,dengan melakukan rehabilitasi lahan dan hutan,melalui penanaman 1.111 pohon yang terdiri dari kayu besi, pohon suang dan buah-buahan.

Ikut dalam penanaman 1.111 pohon ini Wakil Walli Kota Ir. H. Rustan Saru, MM serta  pimpinan OPD di lingkup Pemkot Jayapura.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga