Wawali Bersama BWS Papua Tinjau Kawasan Organda

Kawasan Organda, Distrik Abepura hingga saat ini terus menjadi perhatian Pemerintah Kota Jayapura bahkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru, MM saat meninjau kawasan Organda pasca banjir
Jayapura, Dharapos.com
Kawasan Organda, Distrik Abepura hingga saat ini terus menjadi perhatian Pemerintah Kota Jayapura bahkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua.

Pasalnya, kawasan pemukiman di wilayah rutin menjadi langganan banjir setiap datangnya musim penghujan.

Bahkan guna mengatasi itu, Pemkot bersama BWS Papua kini harus memutar otak untuk melakukan rekayasa agar kawasan organda bisa bebas dari banjir ketika musim penghujan tiba.

Berkaitan dengan itu, sebagai wujud perhatian terhadap masyarakat yang berada di kawasan tersebut, mewakili Wali Kota, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM menyempatkan diri mengunjungi warga yang bermukim di kawasan Organda.

Meski dalam kesibukan guna mendampingi Wali Kota dalam menjalankan roda pemerintahan di daerah ini, kader PAN Papua ini tulus memberikan perhatian terhadap masyarakat Organda.

“Kunjungan saya bersama pihak BWS kemarin yang didampingi Lurah Hedam dan RT/RW setempat dan tokoh masyarakat guna melihat kondisi Organda pasca banjir kemarin,” ungkap Wawali, usai lakukan pantauan, Selasa (15/8).

Diakuinya, kawasan Organda berada pada lokasi yang sangat rendah sehingga saat datang musim penghujan maka air dari berbagai penjuru baik Perumnas 4 organda depan Korem semuanya terpusat di kali Konya.

Setelah melakukan pemantauan, ternyata gua peninggalan Jepang yang berada di lokasi tersebut telah mengalami penyempitan akibat tertutup oleh sampah-sampah bawaan banjir.

“Dalam minggu ini, Balai Sungai akan menurunkan alat berat untuk menormalisasi kanal yang ada di lokasi tersebut sampai ke arah gua kali konya,” urai Wawali.

Sementara itu, Dinas PU Kota Jayapura akan mengerok di kompleks organda.

“Dan nantinya tahun depan akan dibuat selokan ke arah Hotel 77 agar air yang datang dari ketinggian di depan Korem bisa terbagi sehingga lokasi Organda bisa bebas dari banjir,” tandasnya.

Wawali juga mengakui, jika saluran drainase di belakang Hotel 77 sampai ke Bank Papua tidak berfungsi dengan baik karena sedimennya cukup tinggi sehingga perlu dilakukan pengerukan agar jalan air dari Perumnas 4 dan dari Organda bisa berjalan lancar.

Pihaknya juga mendorong Pemerintah Provinsi Papua dan BWS untuk membuat jaring permanen di gua Organda agar material sampah tidak masuk ke dalam gua dan bisa menimbulkan penyempitan dan menutup jalan air.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga