2017, Dinsos Kota Programkan Pengadaan Alat untuk Tuna Netra

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi mengatakan program sosial yang akan dan hendak dilaksanakan pada tahun ini yaitu untuk penyadang disabilitas berupa pemberian peralatan untuk tunanetra.
Share it:
Kepala Dinsos Kota Jayapura, Irawadi
Jayapura, Dharapos.com
Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi mengatakan program sosial yang akan dan hendak dilaksanakan pada tahun ini yaitu untuk penyadang disabilitas berupa pemberian peralatan untuk tunanetra.

Selain itu juga akan diberikan bantuan untuk perekaman lagu-lagu rohani.

“Salah satu penyandang disabilitas  melakukan rekaman lagu rohani dan Dinas Sosial memprogramkan untuk pembiayaan perekaman itu,“ ungkapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (27/9).

Selain itu juga program sosial lain yakni lomba kreativitas bagi anak-anak disabilitas dan nantinya akan dirangkaikan dengan momen hari-hari besar.

Dirincikan, keseluruhan dana yang dianggarkan untuk program sosial kurang lebih Rp200 juta untuk 3 item program sosial yaitu peralatan-peralatan untuk pembuatan keset kaki, sapu dan lomba kreativitas.

“Ini dikhususkan bagi anak-anak disabilitas yang mempunyai kemampuan untuk menari atau perlombaan sesuai dengan kemampuan mereka, yang akan di biayai Dinas Sosial Kota Jayapura,” rincinya.

Untuk program lain, lanjut Irawadi, masih merupakan kelanjutan program sebelumnya seperti bantuan terhadap lansia dan pembinaan terhadap rumah-rumah panti asuhan termasuk juga program untuk keluarga harapan.

Ditambahkan, berkaitan dengan program bantuan keluarga sejahtera yang merupakan program Kementerian Sosial RI, Dinasos Kota hanya diberikan kewenangan untuk melakukan verifikasi data.

“Untuk dana verifikasi karena tidak cukup, makanya kita berjalan sesuai dengan kemampuan kita dan berkoordinasi dengan para Lurah dan hasilnya akan dilaporkan ke pusat melalui Wali Kota Jayapura,” tambahnya.

Jumlah yang dialokasikan  dari pusat sebanyak 1.678 kepala keluarga.

Dan di tahun 2018 mendatang, pihaknya akan melakukan pembayaran secara non tunai dan setiap penerima akan di berikan kartu.

“Nantinya pusat melakukan pembayaran ke Dolog sekaligus menerbitkan kartu dan nantinya Dinas berkoordinasi dengan para lurah untuk dilakukan penyerahan sehingga setiap bulannya mereka tinggal mengambil beras dari Bulog,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: