BPS Provinsi Papua Resmi Tempati Gedung Baru

Mulai hari Senin (18/9), jajaran dari dua satuan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua dan BPS Kabupaten Merauke resmi menempati gedung baru.
Share it:
Mewakili Gubernur, Sekda Dosinaen saat menggunting pita menandai peresmian gedung BPS Provinsi Papua 
Jayapura, Dharapos.com
Mulai hari Senin (18/9), jajaran dari dua satuan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua dan BPS Kabupaten Merauke resmi menempati gedung baru.

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Papua TEA. Heri Dosinaen, MKP pada momen peresmian, berharap kehadiran gedung baru ini keluarga besar BPS Provinsi Papua dan BPS Kabupaten Merauke mampu bekerja dengan lebih baik serta kobaran semangat untuk terus meningkatkan kualitas data dan melayani publik dengan maksimal.

Ditegaskan, gedung BPS Kabupaten/Kota dibangun dengan anggaran negara, bukan dari iuran pribadi.

“Untuk itu, jagalah gedung BPS ini sebaik mungkin seperti Saudara merawat rumah sendiri sehingga bisa awet sampai nanti,” tegas Gubernur.

Lanjutnya, gedung yang kini tempati merupakan pinjaman dari negara atau Barang Milik Negara (BMN).

“Karena itu, saya ingin mengajak seluruh pimpinan BPS Provinsi/Kab/Kota untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan diri dalam melakukan peningkatan kinerja dan memenuhi seluruh kriteria atas penilaian yang dilakukan sehingga bisa diusulkan sebagai Satker terbaik,” dorong Gubernur.

Saat ini, sambung Gubernur, BPS tengah melaksanakan kegiatan besar yaitu Sensus Ekonomi 2016 Lanjutan Pendataan UMK dan UMB.

Kegiatan ini selaras dengan Nawacita Pemerintah yang ke 6 yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

Serta Nawacita ke-7 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik

“Olehnya itu, saya ingin berpesan agar tetap semangat dan profesional dalam menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan yang ada. Inilah tantangan yang kita hadapi bersama, ketika data BPS dianggap sangat bermanfaat bagi seluruh khalayak, tuntutan dan permintaan akan data semakin bertambah sehingga tugas-tugas rutin dan ad hoc akan menghimpit waktu luang saudara-saudara,” imbuhnya.

Diingatkan pula, kualitas data yang dihasilkan juga harus terus dijaga karena akan menjadi sia-sia jika semua kegiatan terselesaikan namun tidak dibarengi dengan hasil data yang akurat dan terpercaya untuk semua pengguna data.

“Melalui data inilah, BPS membuktikan diri untuk ikut serta membangun dan mendongkrak seluruh potensi dan perekonomian di tanah Papua demi mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” tukasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala BPS Suriyanto menyampaikan syukurnya atas rampungnya gedung BPS Provinsi Papua.

“Kami bersyukur karena untuk membangun gedung ini tidaklah mudah karena diperlukan upaya keras agar anggaran untuk pembangunan dapat disetujui oleh anggota Komisi XI DPR RI,” akuinya.

Oleh karena itu, Suriyanto meminta jajaran BPS Provinsi Papua agar dapat memanfaatkan gedung ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan sejalan dengan reformasi birokrasi yang digalakkan Pemerintah, BPS selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam memenuhi kebutuhan para pengguna data (data users).

“BPS berkomitmen untuk menyediakan data secara better, faster, cheaper, dan easier,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga