DP3AKB Kota Jayapura Gelar Sosialisasi Program Kampung KB

Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) menggelar Sosialisasi Program Kampung KB.
Share it:
Sosialisasi Program Kampung KB yang digelar Pemkot melalui DP3AKB Kota Jayapura bertempat
di gedung pastori gereja Petrus Waena Distrik Heram, Kamis (28/9)
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) setempat menggelar Sosialisasi Program Kampung KB.

Sosialisasi ini berlangsung di gedung pastori gereja Petrus Waena Distrik Heram dan dibuka secara langsung oleh Asisten II Setda Kota Jayapura, Nur Jainudin Konu, Kamis (28/9).

Keluarga merupakan tempat pembentukan dan pengembangan mental karakter dan moral anggotanya.

Di samping itu upaya pembangunan kualitas SDM merupakan proses jangka panjang yang dimulai dari keluarga bahkan sejak anak berada dalam kandungan

“Oleh karena itu, sosialisasi program KB yang dilaksanakan secara terpadu dengan program sektor terkait telah berupaya memberikan pemahaman agar pasangan suami istri dapat merencanakan kapan mulai mempunyai anak berapa jumlah dan berapa jarak antara satu anak dengan yang lainnya,” ungkap Konu.

Atau, kapan sebaiknya tidak menambah jumlah anak lagi agar supaya buah hati yang dilahirkan diharapkan akan menjadi anak yang sehat dan kuat.

Betty A. Puy
Lebih lanjut Konu berpesan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya serta apa yang disampaikan para pemateri benar-benar dipahami sehingga dapat merubah paradigma di masyarakat luas dan upaya dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk di kota Jayapura benar-benar terlaksana.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Kota, Betty A. Puy mendorong peserta sosialisasi untuk tidak anti kepada KB.

“Jangan kita merasa anti terhadap KB tapi mari kita rencanakan keluarga kita untuk masa depan yang lebih baik sebagai keluarga yang berkualitas,” dorongnya.

Lanjut Betty, pihaknya melakukan kegiatan tersebut di Kampung Waena dengan melibatkan 5 kampung lainnya yang sudah dicanangkan.

“Jumlah peserta sebanyak 180 orang,” rincinya.

Ke depannya sambung Betty, pihaknya inginkan sosialisasikan ke masing-masing kampung yang sudah dicanangkan dengan tujuan agar masyarakat semakin dekat dengan program ini.

“Sekaligus juga membangun pemahaman kepada kampung yang belum kami canangkan agar mereka siap untuk menerima program ini untuk kemudian dilaksanakan,” tandasnya.

Perlu diketahui pula, sosialisasi ini melibatkan beberapa instansi yang berkaitan dengan program Kampung KB ini diantaranya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat yang tupoksinya berbicara tentang akte kelahiran.

Kemudian juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berbicara tentang membina karakter anak serta PKK yang berbicara tentang keluarga.

“Serta Dinas Kesehatan yang berbicara tentang kesehatan reproduksi,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga