DPRD Kota Beri Catatan Terkait Isi KUA/PPAS dan R-APBDP TA 2017

DPRD resmi menggelar Paripurna Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penetapan APBD Perubahan Kota Jayapura TA 2017, Jumat (22/9).
Share it:
Wali Kota menyerahkan materi sidang kepada pimpinan DPRD setempat, Wakil Ketua Mathelda Yakadewa 
Jayapura, Dharapos.com 
DPRD resmi menggelar Paripurna Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penetapan APBD Perubahan Kota Jayapura TA 2017, Jumat (22/9).

Dalam paripurna tersebut, pihak DPRD memberikan beberapa catatan yang menjadi perhatian terkait isi materi KUA/PPAS dan R-APBD Perubahan yang  dapat mencerminkan prinsip perencanaan yang komprehensif.

Diantaranya ,keterkaitan program dan kegiatan sesuai visi - misi dan arah kebijakan RPJM Daerah.

Selain itu, skala prioritas dan urgenitas kebutuhan dari suatu program dan kegiatan yang direncanakan atau diusulkan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam KUA/PPAS dan RAPBD Perubahan harus menghindari adanya tumpang tindih program dan kegiatan antara objek yang satu dengan objek yang lain.

“Isi materi KUA/PPAS dan RAPBD Perubahan harus sesuai dengan kebutuhan nyata yang dihadapi oleh masyarakat setempat,” demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Mathelda Yakadewa saat memimpin paripurna, Jumat (22/9).

Program dan kegiatan yang disajikan di dalam materi KUA/PPAS dan APBD Perubahan adalah benar-benar merupakan tupoksi dan unit kerja OPD yang bersangkutan.

Disamping itu pula, mekanisme operasional sebagai alat pengukuran kinerja dan capaian target program dan kegiatan seperti visi praktis OPD, panduan (Hand out), indikator kerangka acuan (Tor) dan jadwal kegiatan.

Langkah-langkah tersebut wajib disiapkan oleh setiap OPD dan unit kerja yang merupakan mitra kerja Komisi-komisi Dewan.

“Hal ini penting guna memudahkan adanya pengawasan DPRD dan pengawasan sosial dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kota Jayapura,” tegasnya.

Bagian terakhir dari catatan ini, sambung Yakadewa, yaitu adanya konsistensi dalam implementasi program dan kegiatan maupun penyerapan anggaran di lingkungan Pemkot Jayapura agar dapat dipacu secara optimal mengingat waktu tinggal 2 bulan lebih dalam tahun anggaran ini.

Untuk itu, dirinya berharap kepada anggota Dewan melalui alat-alat kelengkapan Dewan baik itu Banggar dan komisi-komisi maupun fraksi-fraksi untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh.

“Khususnya dalam mengkaji dan membedah materi Raperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga