DPRD Setujui RAPBD-P Kota Jayapura TA 2017

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2017 Kota Jayapura akhirnya resmi diterima dan disetujui oleh 7 fraksi di DPRD setempat untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda).
Share it:
Wali kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Ketua I DPRD Mathelda Yakadewa, secara bersama-
sama membubuhkan tanda tangan pada dokumen persetujuan RAPBD Perubahan TA 2017 
Jayapura, Dharapos.com
Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2017 Kota Jayapura akhirnya resmi diterima dan disetujui oleh 7 fraksi di DPRD setempat untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

Persetujuan tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kota Jayapura, Selasa (26/9)

Ke 7 fraksi tersebut masing-masing Fraksi Hanura , PKPI, Demokrat, PDIP-Perjuangan , PAN, Golkar dan  Fraksi Gerindra.

Raperda tentang APBD perubahan TA 2017 ditetapkan menjadi Perda dengan tetap memperhatikan saran dan masukan dari alat-alat kelengkapan Dewan dan dari fraksi-fraksi.

Di hadapan seluruh anggota DPRD Kota Jayapura  beserta undangan lainnya, Wali kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Ketua I DPRD Mathelda Yakadewa, secara bersama-sama membubuhkan tanda tangan pada dokumen persetujuan RAPBD Perubahan TA 2017.

Keduanya didampingi Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM dan Wakil Ketua II DPRD setempat, Timbul Sipahutar.

Wali Kota dalam pidato penutupan menegaskan sebagai lembaga representasi rakyat, pihak Legislatif dalam memberikan koreksi kritis terhadap berbagai kebijakan strategis alokasi sumber dana guna menopang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan masyarakat dalam APBDP Kota Jayapura TA 2017.

“Hal ini membuktikan suatu komitmen bersama sebagai mitra,” tegasnya acara penutupan Sidang Paripurna DPRD Kota Jayapura, Selasa (26/9).

Kepada seluruh anggota Dewan, Wali Kota merincikan  anggaran pendapatan daerah terbagi atas dua kelompok besar yakni Pendapatan asli daerah yang dikelola sendiri oleh Pemkot Jayapura dan pendapatan daerah yang bersumber pada transfer dari Pemerintah pusat dan provinsi.

Penyerahan materi Perda oleh Wakil Ketua I DPRD kepada Wali Kota Jayapura 
“Sejumlah catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh alat-alat kelengkapan Dewan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keputusan dan penetapan Peraturan daerah Perubahan APBD Tahun 2017,” tandasnya.

Kepada semua pimpinan OPD di lingkup Pemkot Jayapura selaku pengguna anggaran agar dapat melakukan pengendalian internal baik secara fisik maupun administratif sesuai standar pengelolaan keuangan daerah dan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku

Wali Kota juga mengajak semua pimpinan OPD selaku pengguna anggaran untuk bekerja dan fokus terhadap sekecil apapun tanggung jawab yang diemban.

“Agar dapat tercapai secara optimal, teruslah membina diri serta tingkatkan kinerja secara sistematis dan struktur melalui metode kerja yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program dan kegiatan yang menjadi tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD,” dorongnya.

Kesempatan yang sama, Wakil Ketua I DPRD setempat, Mathelda Yakadewa mengakui ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian Pemkot untuk dilaksanakan.

Pimpinan dan segenap anggota DPRD kota Jayapura dapat memahami dan merespon dengan baik maupun dapat memaklumi pidato Wali Kota Jayapura dalam pengantar Nota Keuangan APBD
Perubahan dan Raperda APBD Perubahan TA 2017 dalam pembukaan sidang Paripurna DPRD kota Jayapura masa persidangan 3 Tahun 2017 beberapa hari lalu.

Dimana dirincikan bahwa 2 total anggaran belanja dalam struktur APBDP TA 2017 sebesar Rp1.353.719.127.178,-  atau turun sebesar minus Rp51. 699.3 13.199 atau 3,68 persen dari APBD induksi sebesar Rp1.405.418.4 40.377,-

Selain itu, DPRD juga mengharapkan juga kepada Pemkot, agar pada Oktober mendatang sudah menyiapkan dan menyampaikan materi KUA/PPAS dan Ranperda tentang APBD induk TA 2018 untuk dibahas bersama.

Rapat paripurna turut dihadir  Sekertaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM, para asisten dan jajaran  TNI/POLRI, Ketua dan pengurus TP PKK, Ketua DWP dan Ketua GOW Kota Jayapura serta pimpinan OPD, kepala Distrik dan kepala kelurahan.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga