Gandeng Dokter Spesial dari Jakarta, BTM Gelar Pelayanan Kesehatan Gratis

Kepedulian DR. Benhur Tomi Mano, MM terhadap kesehatan warganya selalu menjadi salah satu prioritas selama menjabat sebagai Wali Kota Jayapura hingga memasuki 2 periode kepemimpinannya.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM berkesempatan menjalani tes darah
Jayapura, Dharapos.com
Kepedulian DR. Benhur Tomi Mano, MM terhadap kesehatan warganya selalu menjadi salah satu prioritas selama menjabat sebagai Wali Kota Jayapura hingga memasuki 2 periode kepemimpinannya.

Salah satunya ditunjukkan melalui  aksi kemanusiaan berupa operasi ringan dan pengobatan gratis dengan melibatkan tim Dokter spesial dari Jakarta dan Kota Jayapura serta dibantu para tenaga medis lainnya yang dikemas dalam kegiatan "BTM Peduli Kesehatan".

Bahkan, aksi yang  dipusatkan di Kampung Tobati dan Enggros, Distrik Jayapura Selatan ini langsung mendapat respon dari warga.

Kegiatan yang diprakarsai orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini turut disponsori oleh Kantor Wilayah BNI Papua dengan menyediakan 500 obat secara gratis termasuk dokter umum dan dokter ahli bedah bekerja sama dengan Tim Relawan BTM.

“Saya terus berharap warga  di Kota Jayapura hingga ke kampung-kampung  selalu sehat karena jika kita sehat, maka kita bisa bersekolah dan bekerja dengan baik,” demikian harapannya, saat dikonfirmasi di sela-sela meninjau proses pelayanan kesehatan dan operasi ringan, Sabtu (30/9).

Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM sementara berkonsultasi dengan salah satu Dokter bedah
Dirincikan, para dokter ahli bedah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini telah lebih dahulu melakukan pelayanan gratis di kampung Obong, Kabupaten Jayapura dan  di pulau-pulau kecil di pesisir Danau Sentani.

Selain di Jayapura, mereka juga telah melakukan kegiatan yang sama di pulau-pulau kecil di sekitar Ambon, Provinsi Maluku dan juga di Pulau Liki di Kabupaten Sarmi Papua.

“Di sana mereka melakukan operasi ringan serta pemasangan implan secara gratis kepada masyarakat serta pelayanan medis lainnya," urainya.

Pelayanan kesehatan gratis ini baru pertama kali dilakukan di Tobati dan nantinya akan berlanjut ke Skouw 3 Kampung di Distrik Muara Tami, dan kampung Mosso, termasuk ke kawasan padat penduduk seperti Angkasa dan Tanah Hitam.

“Aksi ini merupakan wujud pelayanan kasih untuk Kota Jayapura,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini, pria yang akrab disapa BTM ini juga melibatkan Pemerintah Kota dalam upaya menaikkan angka harapan hidup manusia di Kota Jayapura.

Wali Kota saat turut memantau proses pemeriksaan yang dilakukan tim medis
Dimana,  masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Puskesmas namun sebaliknya pihaknya yang langsung turun ke lapangan dan mendekatkan diri kepada masyarakat untuk melaksanakan pelayanan kesehatan gratis.

BTM juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala kampung, Ondoafi serta Kepala Distrik Jayapura Selatan yang telah bersama-sama mendukung kegiatan ini.

“Pada hari ini saya mengundang mereka untuk datang ke Kota Jayapura dan mereka cukup senang untuk melakukan pengobatan gratis di kota Jayapura mengingatkan respons yang luar biasa dari masyarakat,” sambungnya.

Ditambahkan, para tenaga dokter ahli ini diperhadapkan pada  waktu pelayanan yang cukup padat karena mereka juga harus melayani pasien  di Jakarta sehingga Sabtu dan Minggu menjadi waktu yang kosong untuk mereka lakukan pengobatan massal di Kota Jayapura.

“Nantinya juga  bagi masyarakat di wilayah Hamadi, Abe pantai, Kota Raja hingga Entrop kita sediakan speedboat gratis untuk mengantar para pasien yang hendak berobat bahkan dari  Waena,” janjinya seraya menambahkan kegiatan ini akan dilanjutkan pada Minggu (1/10) seusai ibadah pagi.

Warga masyarakat yang datang langsung mendapat pelayanan medis
Sementara itu, dr. Okta  selaku ahli beda yang datang untuk melayani masyarakat Kota Jayapura,mengaku mampu melakukan operasi ringan terhadap 20 pasien dalam 1 hari.

“Kami secara pribadi merasa terpanggil atas kegiatan kemanusiaan ini karena kami juga menginginkan masyarakat Kota Jayapura sehat,” tandasnya.

Salah satu pasien, Ibu Nelin dari Waena mengaku bersyukur kepada Tuhan karena hari ini dirinya bisa datang untuk operasi ringan gratis.

“Kami tidak punya dana tetapi kami tetap berupaya datang ke kampung Tobati,” bebernya.

Senada disampaikan Ibu Line yang datang untuk operasi di bagian kaki, dimana terjadi pembengkakan.

“Saya ingin menyampaikan  terima kasih yang sebesar-besarnya dan bersyukur kepada Tuhan karena bapak BTM secara pribadi membuat kegiatan peduli kesehatan bagi masyarakat,” ucapnya seraya meminta kegiatan ini dapat terus dilakukan.

Pada momen tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga