Gandeng Intel – Acer, Disdikbud Kota Gelar Seminar Digitalisasi

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat bekerja sama dengan Intel-Indonesia dan Acer menggelar Seminar Digitalisasi dan Pembelajaran Berbasis IT.
Share it:
Kepala Disdikbud Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd saat menyampaikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat bekerja sama dengan Intel-Indonesia dan Acer menggelar Seminar Digitalisasi dan Pembelajaran Berbasis IT.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston,  Selasa (19/9) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd.

Adapun materi yang dipaparkan kepada peserta yang notabene para kepala sekolah adalah mengenai Digitalisasi Pembelajaran di Abad 21.

Mudiyasa dalam sambutannya mengatakan Kota Jayapura kini mulai memasuki kategori “Smart City” yang ditandai dengan dilaksanakannya seminar Digitalisasi dan Pembelajaran Berbasis IT.

“Maka tentu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus berbenah diri di mana  semua sekolah yang ada di Kota Jayapura sudah melaksanakan proses pembelajaran berbasis IT,” terangnya.

Intel Indonesia dan Acer, lanjut Mudiyasa,  akan memberikan model-model pembelajaran kepada para guru untuk kemudian diterapkan pada sekolah masing-masing.

Dengan adanya Digitalisasi Pembelajaran di abad 21 ini tentu akan membuka cakrawala dan wawasan para guru untuk semakin berpacu dan meningkatkan kualitas diri menyambut era digital tersebut.

Mudiyasa juga mengaku melihat bagaimana komitmen bersama para kepsek untuk memajukan pendidikan di Kota Jayapura teristimewa para pelajar selaku peserta didik.

Peserta seminar mulai dari kepsek, wakasek kurikulum dan guru pada jenjang SMP, SMA serta SMK
“Perlu digarisbawahi bahwa jaman sudah berubah dan kita sudah memasuki abad 21 maka otomatis sistem pembelajaran juga kita harus rubah semua berbasis komputer. Apa yang kita inginkan semua ada di komputer dan Intel Indonesia serta Acer akan memberikan yang terbaik kepada Kota Jayapura,” cetusnya.

Hal-hal positif yang ada  ditransfer untuk pengembangan di dunia pendidikan khususnya proses belajar mengajar di sekolah.

Sambungnya, kegiatan ini memang diprakarsai oleh Intel Indonesia dan Acer dan kemudian bekerja sama dengan Disdikbud Kota Jayapura karena mendasari daerah yang sudah masuk dalam kategori
“Smart City” dalam hal ini sudah melaksanakan pembelajaran berbasis IT.

Sementara itu, Account Manager Acer Indonesia, Putri menuturkan pihaknya lebih berorientasi pada education bukan hanya di Papua namun sudah ada di beberapa daerah di Indonesia.

Ia mengaku pihaknya memiliki semangat ketika melaksanakan aeminar ini di Papua khususnya di Kota Jayapura karena perkembangan education cukup pesat terutama dari sisi digitalnya.

“Dan dari sisi perangkat kami mensuport di Provinsi Papua dan baru dimulai di Kota Jayapura dan selanjutnya nanti ke kabupaten yang lainnya,” beber Putri.

Seminar ini, menurut dia, konsen kepada UNBK sementara dari Acer lebih ke hardware.

Peserta seminar ini terdiri dari kepsek, wakasek kurikulum dan guru yang ada pada jenjang SMP dan SMA serta SMK.

Sementara, pendanaan atau pembiayaan kegiatan tersebut adalah bersumber dari dana BOS sendiri dimana salah satu item penggunaan dana operasional sekolah ini yaitu pengembangan untuk guru salah satunya Seminar Digitalisasi dan Pembelajaran Berbasis IT.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments: