Miris, 48 Warga Yahukimo Meninggal Akibat Tak Terlayani Medis

Terhitung sejak Mei hingga Agustus 2017, sebanyak 48 warga masyarakat di Distrik Samenage Kabupaten Yahukimo meninggal dunia akibat tidak mendapat pelayanan kesehatan.
Share it:
Kabupaten Yahukimo yang berada di kawasan Pegunungan Tengah, Provinsi Papua 
Jayapura, Dharapos.com
Terhitung sejak Mei hingga Agustus 2017, sebanyak 48 warga masyarakat di Distrik Samenage Kabupaten Yahukimo meninggal dunia akibat tidak mendapat pelayanan kesehatan.

Selain itu, ketiadaan petugas medis menjadi penyebab utama warga tidak terlayani.
Fakta tersebut langsung mendapat tanggapan serius dari Natan Pahabol, salah satu anggota Komisi V DPR Papua yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan.

“Saya merasa sangat kecewa dan prihatin atas kasus kematian 48 warga Distrik Samenage yang terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan ini. Dimana tanggung jawab Pemerintah setempat dan juga dari Dinas,” heran Pahabol saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (25/9).

Untuk itu, dia mendesak Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan  melalui lembaga didalamnya, UP2KP dapat segera menurunkan timnya ke Distrik Samenage untuk melihat kodisi masyarakat disana.

“Dan kepada Pemerintah Kabupaten Yahokimo, kami sangat menyayangkan dan prihatin atas kasus ini. Dimanakah tanggung jawab Pemerintah melalui kepala Dinas kesehatan setempat,” kecam Pahabol.

Politisi asal Daerah Pemilihan Yahukimo ini kemudian juga mendesak Bupati dan Kepala Dinas terkait agar segera turun ke Distrik Samenage untuk melihat sekaligus melakukan investigasi di sana guna mencegah jatuhnya korban yang lebih banyak lagi.

“Kalaupun di lapangan nantinya menemui masalah yang rumit agar segera menginformasikan kepada Pemerintah provinsi dan Pemerintah pusat agar secepat mungkin memfasilitasi berbagai kendal yang terjadi,” pungkas Pahabol.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga