Pemkot Terus Berupaya Lakukan Pengobatan Kusta - Frambusia

Pemerintah Kota Jayapura hingga saat ini terus melakukan berbagai upaya pengobatan penyakit kusta dan frambusia.
Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat membuka kegiatan Advokasi Sosialisasi dan Pelaksanaan
Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia melalui Kampanye Eliminasi Kusta dan
Eradikasi Frambusia di Kota Jayapura yang dilaksanakan Jumat (8/9)
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura hingga saat ini terus melakukan berbagai upaya pengobatan penyakit kusta dan frambusia.

Pasalnya, jika kedua penyakit tersebut tidak diobati secara baik maka akan dapat menimbulkan kecatatan pada tubuh penderita.

Bahkan, akibat dari kecatatan tubuh tersebut turut pula berdampak pada ekonomi dan sosial penderita serta keluarganya.

Berkaitan dengan itu, Sekretaris Daerah Kota Jayapura Ramsus D. Siahaya, MM mengungkapkan Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI telah menyusun perencanaan dan kebijakan yang terukur untuk mencapai eliminasi tingkat Provinsi.

Dalam hal ini, bentuk peta jalan program pengendalian penyakit kusta dan frambusia di Indonesia

Jelas Sekda, pada 2015 lalu ditemukan penularan penyakit frambusia mencapai 3.379 kasus di 9 provinsi termasuk Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Karena itu, upaya pencegahan dan pengendalian menjadi langka yang efektif untuk membangun kesadaran setiap individu tentang bahaya penyakit kusta dan frambusia sehingga Provinsi Papua khususnya di Kota Jayapura terbebas dari penyakit ini,” sambungnya.

Terhadap upaya ini,  dibutuhkan komitmen bersama Pemkot dan pihak-pihak terkait  secara sinergi dan berkelanjutan.

“Jadi, bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak Pemerintah pusat saja namun menjadi tanggung jawab kita bersama para pemangku kepentingan di Kota Jayapura demi menjaga keberlangsungan hidup anak cucu dan keluarga kita agar terhindar dari penyakit kusta dan frambusia,” imbuhnya.

Seperti, melalui advokasi dan sosialisasi tentang penyakit kusta dan frambusia ini.

Pemkot, lanjut Sekda menaruh harapan kepada para pemangku kepentingan bersama Dinas Kesehatan Kota Jayapura untuk lebih meningkatkan lagi promosi kesehatan kepada seluruh warga setempat.
Terutama kepada masyarakat yang berada di kampung-kampung khususnya yang terbatas akses untuk ke kota.

“Hal ini sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit yang menyerang kesehatan kita dan ini harus mampu diimplementasikan di kehidupan masyarakat kita,” tukasnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan setempat menggelar kegiatan Advokasi Sosialisasi dan Pelaksanaan Intensifikasi Penemuan Kasus Kusta dan Frambusia melalui Kampanye Eliminasi Kusta dan Eradikasi Frambusia di Kota Jayapura.

Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Sian Soor, kantor Wali Kota, Jumat (8/9).

Kepala Dinkes Kota Jayapura Arif Dwi Darmanto mengatakan tujuan dari kegiatan ini agar tersosialisasinya penyakit kusta dan frambusia.

“Kemudian tersosialisasinya situasi dan kegiatan program pencegahan dan pengendalian penyakit kusta dan frambusia,” urainya.

Sedangkan hasil yang diharapkan adalah meningkatnya komitmen politik dan hubungan kerja sama antara Pemerintah daerah maupun Pempus dan lintas sektor maupun program.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga