Pemkot – Uncen Jayapura Gelar Aksi Tanam Mangrove di Pesisir Kampung Nafri

Melestarikan lingkungan yang rusak sudah menjadi tanggung jawab seluruh warga Kota Jayapura, termasuk akademisi.
Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat aksi menanam mangrove di pesisir pantai Kp. Nafri, Sabtu (2/9)

Karena tanpa itu, Pemerintah Kota Jayapura tidak bisa berbuat apa-apa.

Berkaitan dengan itu, sebuah langkah positif telah di ambil mahasiswa Universitas Cendrawasih bersama Pemkot Jayapura, Sabtu (2/9), dengan melakukan aksi penanaman kembali tanaman mangrove di pesisir pantai Kampung Nafri yang rusak akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mahasiswa Uncen yang berasal dari Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (MIPA) telah menunjukkan kepedulian dan kepekaannya untuk ikut melestarikan lingkungan dengan melakukan reboisasi hutan mangrove.

“Sebagai generasi muda kami mengapresiasi kesadaran adik-adik mahasiswa bahwa mangrove ini merupakan titipan masa depan untuk Papua, Kota Jayapura dan untuk Indonesia,” ucap Sekretaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM mewakili Walikota, usai melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Kampug Nafri.

Untuk itu, Pemkot menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada civitas akademika Uncen yakni F-MIPA bersama pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uncen dan masyarakat di seputar Teluk Kampung Nafri dalam upaya melakukan menjaga lingkungan.

Karena mempunyai komitmen hadir bersama Pemkot untuk kembali mereboisasi mangrove yang sudah rusak di pesisir Kampung Nafri.

Sekda Kota bersama Kepala Kp. Nafri mahasiswa Uncen Jayapura di lokasi reboisasi
“Semoga apa yang dilakukan ini mendapat rezeki dan berkat dari Tuhan sehingga kurang lebih 300 pohon mangrove yang ditanam hari ini akan bertumbuh menjadi ribuan bahkan berjuta pohon mangrove memenuhi kawasan Teluk Kampung Nafri,” harap Sekda.

Kepala Kampung Nafri juga dimiinta untuk memperhatikan lingkungannya termasuk peran serta masyarakat khususnya masyarakat adat yang mempunyai wilayah dimana mangrove ini hidup untuk turut menjaganya agar tidak rusak.

Pada momen yang sama, Pascalis Boma selaku Ketua BEM Uncen mengakui langkah yang diambil pihaknya sudah menjadi dambaan Keluarga Besar Uncen bersama mahasiswa F-MIPA untuk melakukan reboisasi hutan mangrove.

“Karena bukan hanya lingkungan sosial namun alam Kota Jayapura juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Karena itu, kami mahasiswa Uncen bertekad turun bersama masyarakat untuk melihat kondisi lingkungan alam di sekitar kita,” sambungnya.

Hutan mangrove, menurutnya sangat banyak bermanfaat terlebih khusus di kawasan pesisir

“Sehingga perlindungan hutan mangrove ini kami anggap itu sangat penting demi penyelamatan generasi kita,” tandasnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot melalui Sekda Kota Jayapura yang telah hadir bersama-sama mewakili Walikota untuk melakukan aksi penanaman kembali tanaman mangrove.

Boma juga menilai langkah ini sebagai wujud satu komitmen dari Pemkot untuk mereboisasi hutan kawasan mangrove yang sudah rusak khususnya di pesisir pantai Kampung Nafri.

“Karena itu, ini bukan saja menjadi tanggung jawab Pemerintah kota namun sebagai mahasiswa yang merupakan bagian dari lapisan masyarakat tentu menjadi tanggung jawab kita bersama,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga