Petugas Sering Telat Datang, Pelayanan Puskesmas Imbi Tak Sesuai Harapan

Pelayanan petugas kesehatan kepada masyarakat di Pukesmas Imbi, Distrik Jayapura Utara dinilai belum sesuai harapan.
Share it:
Puskesmas Imbi yang berlokasi di Jalan Sulawesi Dok VIII, Kota Jayapura 
Jayapura, Dharapos.com 
Pelayanan petugas kesehatan kepada masyarakat di Pukesmas Imbi, Distrik Jayapura Utara dinilai belum sesuai harapan.

Pasalnya, kehadiran para petugas medis yang bertugas di Puskesmas tersebut sering kali tidak sesuai jam yang telah di tetapkan.

Fakta tersebut terungkap saat Wakil  Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM melakukan sidak ke Puskesmas Imbi, Senin (25/9).

Setibanya di Puskemas tersebut, belum ada petugas medis sementara pasien telah menunggu sejak pagi.

“Petugas kesehatan baru hadir pada pukul 08.30 WIT,” ungkap Wawali, yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/9).

Lanjutnya, loket Puskesmmas telah dibuka sejak pukul 07.30 WIT, bahkan para pasien sudah
menunggu, sementara para petugas belum hadir untuk memberikan pelayanan.

“Loket sudah dibuka sejak pukul 07.30 WIT namun petugas kesehatan yang melayani dari sisi pelayanan medis baik untuk bayi maupun ibu hamil baru hadir sejam kemudian,” beber Wawali.

Untuk itu, orang nomor dua di ibukota Provinsi Papua ini  menegaskan bahwa ini tidak boleh terulang karena hadirnya Pemerintah tentu untuk melayani masyarakat.

“Nanti kami akan panggil pimpinan setempat guna dimintai keterangan terkait tingkat kehadiran petugas medis di Puskesmas Imbi, untuk segera menata kembali sistem pelayanan. Karena kondisi ini tentu berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Tak hanya menyoroti soal kehadiran petugas, Wawali juga turut memantau kondisi bangunan
Puskesmas yang dinilainya tidak sehat karena gedung yang sempit dan pengap. Ditambah lagi ruangan-ruangan yang ada masih menggunakan kipas angin.

Bahkan penerangan lampu juga tidak memungkinkan termasuk juga air bersih yang masih menjadi kendala.

Belum lagi, tata pelayanan di Puskesmas ini terlihat belum begitu baik sehingga perlu dilakukan penataan agar pasien bisa antri dengan rapi dan petugas juga bisa melayani dengan baik.

Mengatasinya, Wawali akan meminta Kepala Dinas Kesehatan setempat untuk memprogramkan rehabilitasi gedung agar bisa digunakan untuk melayani masyarakat dengan baik dan petugas kesehatan pun bisa melayani masyarakat dengan nyaman.

Disinggung soal pelayanan 24 jam, kader PAN Papua ini mengaku jika pelayanan 24 jam baru diberlakukan di Puskesmas Muara Tami , Kotaraja , Waena , Koya dan Puskesmas Hamadi sedangkan Puskesmas Imbi hanya melayani hingga pukul 21.00 WIT.

Yang lebih parah lagi, para petugas medis sudah meninggalkan  tempat tugasnya pada pukul 13.00 WIT padahal pelayanan yang harus diberikan hingga pukul 21.00 WIT.

Olehnya itu, Wawali menegaskan untuk besok dan seterusnya petugas medis harus hadir tepat waktu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk diketahui, harapan besar Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM kepada seluruh tenaga kesehatan yang ditempatkan pada setiap Puskesmas di Kota Jayapura adalah semata-mata untuk melayani kesehatan masyarakat dengan baik.

Termasuk tentunya, terkait jam kehadiran yang juga menjadi penentu bagi petugas itu sendiri.
Karena jika kehadirannya saja sudah tidak tepat waktu, maka sudah pasti akan berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments: