Terapkan Absen Digital, BPBJ Pemkot Kenakan Denda Keterlambatan

Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemerintah Kota Jayapura sejak Juli lalu telah memberlakukan absensi secara digital.
Share it:
Kepala BPBJ Pemkot Jayapura, Matias B. Mano
Jayapura, Dharapos.com
Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemerintah Kota Jayapura sejak Juli lalu telah memberlakukan absensi secara digital.

Penggunaan absensi digital ini terutama difokuskan kepada staf dalam ketepatan waktu saat masuk kantor.  Sehingga bisa diketahui masalah disiplin pada jam kerja karena ketepatan waktu masuk kantor sangat diperlukan.

“Walau kami sudah memiliki absen manual tapi kita juga perlu ada absen digital,” ungkap Kepala BPBJ Pemkot Jayapura, Matias B. Mano kepada Beritapapua.Dharapos.com, Selasa (19/9).

Diakuinya, absen digital sangat terukur dan memang sudah di setting khusus untuk BPBJ.

“Paling terlambat pukul 08.15 WIT semua staf sudah harus berada di kantor. Namun jika kehadiran di atas waktu yang telah ditetapkan maka akan dihitung telat masuk kantor sehingga ada punishment yang dikeluarkan yaitu dikenakan denda,” beber Mano.

Dirincikan, masing-masing dilakukan secara berjenjang.

“Kalau non ASN 1 hari jika terlambat maka akan didenda Rp10.000 sementara ASN didenda Rp25.000 per hari,” rincinya.

Meski demikian, seluruh denda yang telah dikenakan atas keterlambatan ASN dan non ASN, nantinya tetap dimanfaatkan kembali untuk biaya pembinaan.

Hal ini mengacu pada Surat Keputusan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan juga sudah menjadi kesepakatan bersama karena hal ini dilakukan tentu untuk meningkatkan kinerja aparatur baik yang ASN maupun non ASN.

Foto pegawai ASN dan Non ASN Disiplin bulan Agustus yang dipajang selama satu bulan 
“Ini juga menjadi salah satu alat untuk memacu motivasi sehingga teman-teman sejak pagi sudah berada di kantor. Makanya, kita berlomba-lomba siapa yang lebih cepat dan mereka yang paling cepat dan tepat waktu masuk kantor dan paling disiplin akan tercatat secara digital,” tandasnya.

Terkait dengan kedisiplinan jam masuk kantor maka mereka akan diberikan reward setiap bulan yakni foto dari ASN maupun non ASN tersebut akan dipajang selama 1 bulan untuk disampaikan ke publik bahwa ASN tersebut sangat disiplin dalam hal tepat waktu masuk kantor.

Selain itu, ada reward khusus dari Kepala Bagian kepada ASN tentu untuk memberikan motivasi kepada mereka.

“Menurut saya yang lebih membanggakan itu ketika foto mereka dipajang di dinding ruangan kantor BPBJ tersebut, sehingga bisa dilihat oleh ASN yang melintas di depan kantor,” cetus Mano.

Penilaian ini akan terus dilakukan setiap bulan kepada ASN maupun non ASN yang ada di BPBJ Pemkot Jayapura

Ditambahkan, penerapan absensi digital ini akan diberlakukan seterusnya sebagai salah satu bentuk inovasi dalam disiplin bekerja bagi ASN yang berada di BPBJ Pemkot Jayapura.

“Pada prinsipnya kami pegawai BPBJ sudah rajin dan tepat masuk kantor namun tidak terukur sehingga lewat absen digital ini maka kami akan mengukur tingkat kehadirannya,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga