TMMD ke 100 2017 digelar di Wilayah Teritorial Kodim 1712/Sarmi

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing.
Share it:
Dandim 1712/Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron saat memberikan keterangan pers 
Jayapura, Dharapos.com
Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing.

Dan untuk pelaksanaan program TMMD ke-100 Tahun 20017 ini, akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah teritorial Kodim 1712/Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Tahun ini, Kodim 1712/Sarmi mendapat giliran untuk melaksanakan TMMD ke 100.

“Nantinya akan dilaksanakan selama satu bulan dan pelaksanaan dibuka pada tanggal 26 September 2017 dan akan ditutup pada tanggal 25 Oktober 2017,” ungkap Dandim 1712/Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.Sos, yang dikonfirmasi, Rabu (13/9).

Dikatakannya, rencana upacara pembukaan TMMD akan dipimpin oleh Bupati Sarmi yang nantinya juga dihadiri para undangan baik dari Kodam, Korem, unsur Muspida, lembaga kementerian dan lembaga non kementerian.

Tema TMMD ke 100 yang dilaksanakan Kodim /1712 Sarmi ini yakni “Bersama dengan Masyarakat Manunggal Bergotong-royong Melaksanakan Kegiatan Fisik dan Non Fisik”.

“Kegiatan fisik yang dilaksanakan yakni pembangunan sarana ibadah, balai Kampung dan pembangunan MCK yang nantinya akan dilaksanakan di kampung Nikatidi , Distrik Fi’en, Kabupaten Sarmi,” rinci Dandim.

Kodim 1712 /Sarmi juga pada momen ini akan melaksanakan lomba karya tulis jurnalistik yang dibuka bagi jurnalis yang berada di Papua.

“Kodim Sarmi juga berinisiatif untuk menyelenggarakan lomba karya tulis jurnalistik yang hari ini kami canangkan sebagai pembukaan lomba dan akan kami tutup pada tanggal 20 Oktober 2017,” tandasnya.

Nantinya, saat acara penutupan TMMD pada 25 Oktober 2017 sekaligus dilakukan pembagian hadiah bagi para juara.

Lomba tersebut akan dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok jurnalis dan kelompok anak sekolah.

“Untuk kelompok anak sekolah, kami sudah berikan sosialisasi sekaligus memotivasi agar mereka memiliki pemikiran-pemikiran, sehingga melalui lomba ini kita dapatkan bibit jurnalis. Kami nanti bekerja sama dengan PWI dan AJI untuk ikut membantu melaksanakan penilaian lomba kepada para jurnalis,” urai Dandim.

Ditambahkan pria asal Negeri Raja-raja Maluku ini, yang mendapat nilai terbesar adalah kegiatan yang berkaitan dengan peran Babinsa dalam membantu masyarakat.

“Untuk itu kami membutuhkan kreativitas wartawan atau atau fotografer, maupun  anak  sekolah yang dapat mengambil setiap momen tidak hanya di lokasi TMMD tapi di seluruh wilayah teritorial Kodim 1712 Sarmi, baik  Kabupaten Sarmi maupun juga di Kabupaten Mamberamo Raya,” harapnya.

Penilaian tertinggi yaitu ada pada unsur Babinsa dan Babinkamtibmas yang berjalan bersama dalam membantu masyarakat.

Olehnya  itu dukungan dari rekan-rekan jurnalis dan masyarakat Kabupaten Sarmi terlebih khusus yang berada di distrik Fi en agar pelaksanaan TMMD ke 100 dapat berjalan aman, tertib dan lancar sehingga dapat berdampak positif kepada masyarakat.

Selain kegiatan fisik, Kodim Sarmi juga melaksanakan kegiatan non fisik di antaranya bekerjasama dengan lembaga kementerian dan nonkementerian dinas terkait termasuk bekerja sama dengan Polri, TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

Diantaranya, penyuluhan dan bakti sosial dalam bentuk pemeriksaan kesehatan, pemutaran film, penyuluhan pertaian, serta hukum penyuluhan tentang perkebunan.

Melalui TMMD ke 100 ini juga pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementrian Pertanian yang telah menjanjikan akan memberikan bibit pertanian maupun prasarana pertanian.

Pihaknya berharap TMMD ke 100 yang disertai dengan lomba karya tulis jurnalistik  dapat berjalan lancar

“Rekan-rekan wartawan dapat mengikuti lomba dengan jujur dan netral sehingga melalui peran serta masing-masing baik kami sebagai aparat TNI maupun rekan-rekan jurnalis dapat sama-sama melaksanakan tugas untuk ikut membangun Kabupaten Sarmi demi tercapainya kesejahteraan mulai dari desa sesuai dengan program Presiden Joko Widodo yaitu membangun dari pinggiran,” tukas Dandim.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga