Wali Kota Ingatkan Kepala Kampung Utamakan Kesejahteraan Rakyatnya

Kemandirian kampung sangat diperlukan dalam membangun kesejahteraan masyarakatnya.
Share it:
Penandatanganan Pakta Integritas Pengelolaan Dana Kampung oleh Wali Kota, Kepala Kejaksaan
Negeri Jayapura Akmal Abas, SH, MH dan 14 Kepala Pemerintahan Kampung
Jayapura, Dharapos.com
Kemandirian kampung sangat diperlukan dalam membangun kesejahteraan masyarakatnya.

“Apa yang kita lakukan hari ini semata-mata untuk kesejahteraan rakyat kita di kampung-kampung agar mereka juga merasakan ada tanggung jawab pemerintah kepada rakyatnya,” harap Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, saat memberikan masukan kepada para kepala kampung, pada acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pengelolaan Dana Kampung di lingkup Pemerintah Kota Jayapura tahun 2017, Kamis (28/9).

Rakornis ini bertujuan untuk menjaga uang rakyat dan uang negara secara administratif.

Wali Kota juga mengingatkan para kepala kampung dipilih oleh rakyat di kampungnya sendiri secara bebas, demokratis dan langsung.

Karena mereka mempercayakan kepada kepala kampung untuk melihat dan mengayomi serta membimbing mereka.

Wali Kota juga meminta kepada para kepala kampung untuk memberikan makan rakyatnya dengan program-program yang menyentuh rakyat.

“Jika rakyat sehat dan senyum maka hal itu merupakan satu kebahagiaan bagi kita sendiri karena kita telah menanamkan pahala dan berkat kepada mereka,” tandasnya.

Wali Kota juga menegaskan untuk para kepala kampung harus punya otoritas dan bisa menggunakannya dengan baik dan jangan sekali-kali menggunakan untuk hal yang salah agar rakyat yang dipimpinnya sehat dan sejahtera.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Akmal Abas, SH, MH turut menyampaikan hal yang mesti diperhatikan dalam pelaksanaan penggunaan dana desa oleh kepala kampung yaitu yang berkaitan dengan pengadaan fisik karena di situ rawan penyimpangan

“Saya ingatkan jangan sampai terjadi mark-up harga, tapi gunakan harga yang wajar karena ini yang biasanya rawan penyimpangan yaitu terjadi penggelembungan dengan harga yang tidak wajar khususnya dalam pengadaan barang maupun dalam pembangunan fisik di kampung,” terangnya.

Kajari juga mengingatkan untuk menggunakan harga yang wajar karena jika tidak maka tentu akan berurusan dengan hukum.

“Dari hasil pemaparan yang disampaikan pada kepala kampung terkait belanja program kegiatan di kampung menurutnya itu merupakan harga satuan yang terlalu tinggi. Meski itu merupakan masalah yang sangat kecil namun bisa berakibat fatal bagi para kepala kampung,” tegasnya.

Pada momen tersebut turut dilakukan penandatanganan Pakta Integritas Pengelolaan Dana Kampung oleh Wali Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura Akmal Abas, SH, MH dan 14 Kepala Pemerintahan Kampung .

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga