DAD Paniai Minta Gubernur Papua Tata Ulang IUP

John Gobay selaku Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Paniai meminta Gubernur Papua Lukas Enembe menata ulang Izin Usaha Penambangan (IUP) di wilayah adat Meepago.
Share it:
John Gobay
Jayapura, Dharapos.com
John Gobay selaku Ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Paniai meminta Gubernur Papua Lukas Enembe menata ulang Izin Usaha Penambangan (IUP) di wilayah adat Meepago.

Mengingat, sebanyak 56 IUP telah dikeluarkan oleh Gubernur Papua yang menjabat sebelumnya, Barnabas Suebu, SH.

“IUP-IUP inilah yang menjadi penyebab munculnya masalah terkait penambangan di wilayah Meepago terutama di Kabupaten Nabire dan Paniai,” urai Gobay, yang dikonfirmasi, Senin(2/10).

Lebih lanjut, ia menjelaskan sejak 2011 lalu telah terjadi tumpang tindih izin penambangan, dimana ada yang di keluarkan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Papua maupun Pemerintah kabupaten/kota setempat.

Namun Izin Provinsi berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No 21 Tahun 2011 tanpa peraturan daerah Provinsi, sehingga secara hukum sudah gugur karena sesuai UU No 24 Tahun 2009 izin dikeluarkan oleh Pemerintah kabupaten.

Tetapi kini, UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah memang memberikan kewenangan IUP penambangan ada pada Gubernur, namun tetap harus mendapat persetujuan Pemkab setempat

Di Papua, sambung  Gobay, sebelum UU No 23 Tahun 2014 ada, kewenangan sudah diambil alih Gubernur, padahal ada UU No 24 Tahun 2009 yang harus menjadi acuan diberlakukannya UU 23 Tahun 2014.

Sehingga, hal ini berpotensi menimbulkan konflik karena masih ada izin penambangan dari Kabupaten yang berlaku,

"Oleh sebab itu, Gubernur Papua perlu melakukan pendataan ulang," tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga