Gubernur Kaget Dana Otsus Kota Jayapura 5 Tahun Tak Bertambah

Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH kaget ketika mengetahui kucuran Dana Otonomi Khusus dari Pemerintah Provinsi untuk Kota Jayapura selama 5 tahun pertama tak mengalami perubahan atau peningkatan.
Share it:
Ilustrasi Dana Otsus
Jayapura, Dharapos.com 
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH kaget ketika mengetahui kucuran Dana Otonomi Khusus dari Pemerintah Provinsi untuk Kota Jayapura selama 5 tahun pertama tak mengalami perubahan atau peningkatan.

“Saat rapat kerja daerah Pemerintah Kabupaten dan Kota bersama Gubernur Papua, saya telah memaparkan jumlah dana Otsus yang telah di terimah Pemerintah Kota Jayapura sejak lima tahun pertama tidak pernah ada kenaikan.  Hanya  95 miliar lebih dan tidak ada perubahan,” ungkap Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM yang dikonfirmasi, Sabtu (21/10).

Ia mengaku Gubernur kaget karena dana Otsus untuk Pemkot Jayapura tidak mengalami penambahan.

Wali Kota mengakui jika selama ini besaran dana Otsus yang di kucurkan Pemprov dikarenakan
mengikuti data jumlah penduduk yang bersumber dari statistik, yaitu 200 ribu jiwa lebih.

Sementara jumlah penduduk di ibukota Provinsi Papua sesuai data di Dinas Kependudukan  dan Catatan Sipil Kota Jayapura total mencapai 429 ribu jiwa .

Kriteria-kriteria yang disusun oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Provinsi Papua mendasari kriteria jumlah penduduk dari data statistik kemudian tingkat kemahalan sehingga mengakibatkan stagnan di jumlah 95 miliar.

“Dilihat dari tingkat kemahalan inilah yang menjadi alasan Bappeda Provinsi Papua untuk tak menaikan dana otsus, padahal migrasi di Kota Jayapura cukup tinggi,” bebernya.

Wali Kota pun mengharapkan jika dana Otsus tetap di angka Rp95 miliar, maka minimal ada penambahan anggaran untuk infrastruktur daerah karena Kota Jayapura adalah ibukota Provinsi Papua.

“Kami juga sudah menyurati Pemerintah Provinsi Papua untuk penambahan dana Otsus namun belum juga ditanggapi sehingga diharapkan untuk anggaran 2018 bisa ada penambahan,” harapnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga