Kunjungi Dispendukcapil Kota Jayapura, Dirjen Apresiasi Komitmen Wali Kota

Direktorat Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Dr. Sutan Arif Fakrulloh menyambangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, guna memastikan secara dekat sistem pelayanan dokumen kependudukan yang selama ini menjadi roll model di tanah Papua.
Share it:
Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Dr. Sutan Arif Fakrulloh saat melihat anjungan kependudukan
didampingi Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM
Jayapura, Dharapos.com
Direktorat Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Dr. Sutan Arif Fakrulloh menyambangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, guna memastikan secara dekat sistem pelayanan dokumen kependudukan yang selama ini menjadi roll model di tanah Papua.

Kunjungan Dirjen didampingi Kepala Dinas Sosial dan Kependudukan Papua.

Turut pula Kepala Dispendukcapil Kabupaten se - Tanah Papua setelah yang sebelumnya, menerima materi dari Dirjen pada rakor yang digelar Pemprov Papua, di Hotel Aston, Jumat (13/10).

Dirjen pada kesempatan tersebut bersama rombongan melihat semua bagian pelayanan dan sejumlah ruangan yang ada.

Bahkan, menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang  sementara mengantri untuk kepentingan mengurus dokumen kependudukan, serta menyerahkan akte kelahiran kepada salah satu ibu.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura karena mempunyai komitmen yang sangat tinggi untuk membangun ekosistem pelayanan administrasi kependudukan yang sangat luar biasa. Dan hari ini, saya menyaksikan pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak yang hanya membutuhkan 10 menit,” ucapnya..

Dan hal ini harus menjadi contoh yang baik bagi daerah-daerah di wilayah Indonesia Timur.

“Kalau semua daerah bisa meniru sistem pelayanan di Dispendukcapil Kota Jayapura maka saya yakin rakyat akan berbahagia. Karena saya menemukan satu contoh kerja nyata pemerintah daerah yang pelayanannya membuat rakyat benar-benar bahagia,” puji Dirjen.

Dirinya juga menyaksikan sendiri bagaimana para pemohon merasa bahagia dan senang, karena berada pada ruang tunggu yang nyaman dan ber-ac. Kemudian, ada tempat bermain anak, kursi yang bersih, ruangan yang rapi dimana semua tertata dengan baik.

Dirjen Dukcapil RI saat menyerahkan akta kelahiran kepada salah satu warga kota
“Selaku Dirjen Dukcapil saya memberikan nilai positif yang sangat tinggi karena pelayanan yang dilakukan sangat singkat atau hanya membutuhkan waktu 10 menit saja,” cetus Dirjen.

Dirinya berharap komitmen ini harus tetap dijaga dan bisa dicontohi oleh daerah lain seperti anjungan Dukcapil yang bisa melakukan pelayanan Online.

“Artinya permohonan kartu keluarga persyaratannya jelas, begitu pula permohonan akta kelahiran tinggal di up-load saja. Jika sudah jadi tinggal ambil sehingga tidak perlu antri. Hal ini menurut saya merupakan satu terobosan yang cukup bagus,” akui Dirjen.

Di seluruh Papua, hanya Kota Jayapura yang terbaik dalam melayani dokumen kependudukan bahkan di seluruh Indonesia Timur serta paling rapi dari semua daerah yang pernah dikunjunginya.

Untuk itu, Dirjen meminta Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM serta kepala dinas dan stafnya untuk melanjutkan komitmen tersebut.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM mengakui keberhasilan ini merupakan usaha dan kerja keras bersama serta arahan pimpinan dalam hal ini Wali Kota yang menjadi motivasi untuk berkolaborasi dengan para kepala bidang.

“Dan inovasi yang dilakukan bisa menghasilkan produk yang berbeda dengan daerah lain,” tandasnya.

Walau begitu, Merlan mengaku tidak akan kaget karena berkaitan dengan pelayanan publik secara nasional, Menteri PAN – RB juga telah menjadikan Dispendukcapil Kota Jayapura sebagai rol model tipe "A" untuk ditiru oleh setiap daerah.

Ia pun mengapresiasi kedatangan Dirjen Dukcapil Kemendagri RI untuk pertama kalinya ke Papua guna menyaksikan langsung dan memberikan penilaian tersendiri terhadap pelayanan di Dispendukcapil Kota Jayapura kepada masyarakat

Walau sudah mendapat pengakuan tersebut, Merlan mengaku tidak mau membanggakan diri.

“Karena masih ada hal-hal yang perlu dibenahi seperti kursi bagi masyarakat dan AC pendingin bagi kenyamanan masyarakat ketika mengurus dokumen kependudukan,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: