Oktober, Distrik Samofa Wakili Biak di Lomba Cipta Menu Ikan Tingkat Provinsi

Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Biak Numfor telah menggelar lomba cipta menu dari bahan baku ikan dikemas dalam program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan).
Share it:
Peserta lomba cipta menu dari bahan baku ikan 2017 dan dikemas dalam program
Gemarikan 
yang digelar Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Biak Numfor
Biak, Dharapos.com
Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Biak Numfor telah menggelar lomba cipta menu dari bahan baku ikan dikemas dalam program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan).

Lomba tersebut dilaksanakan, Jumat (29/9) dengan mengambil lokasi di Hotel Asana Biak, dengan melibatkan sejumlah TP PKK dari sejumlah Distrik di Biak Numfor.

Peserta lomba masing-masing, TP PKK Distrik Poiru Numfor, Distrik Swandiwe, Distrik Biak Barat, Distrik Aimando, Distrik Biak Kota, Distrik Yawosi dan TP PKK Distrik Samofa.

Ajang ini akhirnya dimenangkan TP PKK Distrik Samofa, menyusul TP PKK distrik Aimando Padaido di tempat kedua dan TP PKK Distrik Biak Kota di tempat ketiga.

Kabid. Usaha dan Pengolahan Hasil Perikanan, Hengky Karubaba yang ditemui Dharapos.com, mengatakan lomba yang baru saja digelar pihaknya merupakan kegiatan nasional yang agendanya harus dilakukan setiap tahun, dan kegiatan ini sudah dilakukan di seluruh Indonesia.

"Lomba ini sudah berlangsung yang ke empat kalinya yakni tahun 2014, tahun 2015, tahun 2016 serta tahun 2017," rincinya.

Lanjut Hengky yang juga ketua panitia, juara pada Lomba Cipta Menu Berbahan Baku Ikan Tahun 2017 ini akan diberangkatkan untuk mengikuti lomba yang sama tingkat Provinsi pada bulan Oktober minggu ke dua.

Ketua Panitia Lomba, Hengky Karubaba 
Dan apabila masih menjadi juara maka akan diberangkatkan untuk mengikuti lomba mewakili provinsi Papua ke tingkat Nasional di Kementerian Kelautan Perikanan.

“Tujuan dari lomba ini adalah untuk mensosialisasikan gemar makan ikan secara luas agar masyarakat mengetahui bahwa dengan menkonsumsi ikan membuat otak menjadi  cerdas,  apalagi jika ikan sudah di konsumsi sejak usia dini,” sambungnya.

Pada lomba ini terdapat tiga kriteria yaitu  masak ikan menu balita, menu kudapan serta masak ikan menu keluarga,  namun untuk lomba tahun 2017 ini hanya satu kriteria yang dilombakan yaitu masak ikan menu keluarga.

Ikan yang digunakan untuk lomba masak menu keluarga ini adalah ikan nila,  masing - masing tim sebanyak dua orang mendapat satu kilogram ikan nila untuk diolah.

Hengky karubaba berharap dengan adanya kegiatan ini maka ibu - ibu TP PKK yang mengikuti lomba ini harus lebih mensosialisasikan lagi ke TP PKK tingkat Distrik masing - masing.

Kegiatan sendiri dihadiri oleh Asisten ll Setda Biak Numfor, Mahasunu,  S. IP,  Kepala Dinas Pariwisata, para peserta TP PKK distrik, dewan juri serta tamu undangan lainnya, kegiatan ini dibuka dengan tanda pemukulan tifa oleh Mahasunu, S. IP mewakili Bupati Biak Numfor.

(Hend DK)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: