Pemkab Biak Gelar Pelatihan Institusional Sumber Dana APBD-Otsus TA 2017

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Tenaga Kerja setempat menggelar Pelatihan Institusional Sumber Dana APBD - Otsus Tahun Anggaran 2017.
Share it:
Penyerahan berbagai fasilitas yang disediakan kepada peserta pelatihan 
Biak, Dharapos.com
Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Tenaga Kerja setempat menggelar Pelatihan Institusional Sumber Dana APBD - Otsus Tahun Anggaran 2017.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di aula Loka Latihan Kerja (LLK) Biak Numfor dan dibuka secara resmi oleh Bupati yang diwakili Asisten III Setda Biak Numfor, Mahasunu, S. IP.

Turut hadir, Kepala Disnaker Biak Numfor, Plt. Kepala LLK, Kepala Distrik, beberapa Kepala Kampung, dan peserta pelatihan serta tamu undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, masalah pengangguran menjadi tanggung jawab bersama baik Pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Dari sisi tanggung jawab, Pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya dengan memberikan pelatihan ketrampilan kerja.

Pemerintah melalui LLK Usaha Kecil dan Menengah Dinas Tenaga Kerja, tentunya akan selalu berupaya agar kewirausahaan di daerah kita ini dapat terus berkembang.

“Patut kami berbangga dan berterima kasih kepada LLK UKM yang selalu melaksanakan kegiatan pelatihan seperti ini sehingga para peserta berkesempatan untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan yang dimiliki dengan selalu berpikir bagaimana peluang usaha di hari esok,” ucapnya.

Bupati juga mengingatkan bahwa dalam perekrutan atau penerimaan sebagai pegawai negeri sipil di Kabupaten Biak Numfor beberapa tahun terakhir ini sudah semakin ketat dan presentase sudah semakin kecil.

Hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya usaha dan peluang yang dimiliki untuk dikembangkan.

“Saya berharap bidang ketrampilan yang di pelajari pada pelatihan ini dapat ditetapkan sehingga dari hasil itulah dapat menambah penghasilan keluarga yang lebih layak,” tandasnya.

Foto bersama seusai pembukaan pelatihan
Bupati juga mengajak para peserta pelatihan hingga seluruh komponen di Kabupaten Biak Numfor untuk bahu membahu membulatkan tekad dalam rangka mengembangkan kewirausahaan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk daya saing SDM yang ada di daerah ini.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja peserta sesuai dengan kejuruan dan kompetensi kerja agar memiliki daya saing untuk menciptakan lapangan kerja dan lapangan usaha.

Juga kepada peserta diharapkan dapat mengaplikasikan dan memahami serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang dan kejuruan yang dipersyaratkan dalam dunia kerja maupun dunia usaha.

Pelatihan di LLK Biak saat ini terbagi dalam 5 sub yaitu kejuruan Jaringan komputer,  kejuruan sepeda motor,  kejuruan motor tempel, kejuruan pembuatan perahu fiber dan kejuruan menjahit.

Untuk kejuruan sepeda motor diikuti oleh peserta dari wilayah Numfor Barat dan Numfor Timur, sementara untuk kejuruan motor tempel diikuti peserta dari Distrik Swandiwe, Biak Barat dan Farusi.

Kemudian, untuk kejuruan pembuatan perahu fiber diikuti oleh peserta dari Distrik Yendidori, Kampung Binyeri, Samber dan Padwa.

Sedangkan untuk kejuruan menjahit diikuti oleh peserta dari PKK Distrik Biak Kota, Samofa, Yendidori dan Orkeri dengan masing - masing paket berjumlah 16 orang.

Total peserta pelatihan sebanyak 96 orang.

Setiap peserta pelatihan diberikan konsumsi, seragam pelatihan dan uang transport, dan untuk sub kejuruan sepeda motor dsn sub kejuruan menjahit diberikan bantuan peralatan dan modal usaha kepada
peserta setelah mengikuti pelatihan ketrampilan sesuai kejuruan masing-masing.

Dan untuk sub kejuruan motor tempel dan sub kejuruan pembuatan perahu fiber merupakan pelatihan berpola asrama.

(Hend DK)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga