Pemkot Gelar Pelatihan Keterampilan Industri Rumah Tangga

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) setempat menggelar kegiatan pelatihan keterampilan industri rumah tangga berupa proses pembuatan keripik keladi.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru saat menyampaikan sambutan Wali Kota pada kegiatan Pelatihan
Keterampilan Industri Rumah Tangga berupa proses pembuatan kerapik keladi
Muara Tami, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) setempat menggelar kegiatan pelatihan keterampilan industri rumah tangga berupa proses pembuatan keripik keladi.

Mengambil lokasi di Kampung Holtekam, Distrik Muara Tami, pelatihan tersebut di buka secara resmi oleh Wali Kota yang di wakili Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM, Selasa (31/10).

Di momen yang sama, sekaligus dilakukan penyerahan barang kepada kelompok usaha perempuan setempat.

Sekretaris DP3AKB Kota Jayapura, Petronela Anitu, SKM, MM dalam laporannya mengatakan kegiatan yang dilakukan hari ini adalah untuk meningkatkan ekonomi keluarga bagi Mama- mama di 2 Kampung yaitu Kampung Holtekamp dan Koya Tengah.

Yaitu dengan mendorong serta menstimulan mama-mama di 2 kampung untuk memiliki usaha industri rumah tangga melalui berbagai potensi yang ada di kampung seperti pisang yang bisa dijadikan keripik untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Ini juga kesempatan untuk melatih mama-mama menjelang PON 2020 sehingga kita tidak menjadi penonton untuk menyaksikan hasil produksi dari Pulau Jawa,” sambungnya.

Peserta  pelatihan yang berasal dari 2 kampung masing-masing Holtekam dan Koya Tengah
Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam membangun perekonomian perspektif gender termasuk memahami bagaimana penerapannya di berbagai lapisan masyarakat.

Peserta yang dilibatkan pada pelatihan ini terdiri dari 12 kelompok yang di bagi pecahkan menjadi dua kelompok asal dua kampung yakni masing-masing 6 kelompok baik dari Kampung Koya Tinur maupun Holtekam.

Wali Kota dalam sambutannya yang disampaikan Wawali menjelaskan Pemkot menyambut positif kegiatan ini dimana terlihat antusias ibu-ibu dari kedua kampung untuk datang mengikuti pelatihan ini.

“Kami berharap pelatihan yang dilakukan hari ini tidak disia-siakan karena pelatihan-pelatihan seperti  ini jarang dilakukan, dan bisa saja dilakukan setahun sekali atau 2 tahun sekali bahkan dalam setahun juga belum tentu dilaksanakan,” terangnya.

Dan kegiatan ini juga bisa memberikan hasil yang bermanfaat dan nilai yang diharapkan oleh mama-mama sendiri.

“Apalagi materi yang diberikan para narasumber merupakan pengalaman yang telah dijalani sampai
saat ini. Dan gampang untuk di praktekkan sehingga hasil bisa langsung dinikmati,” tandas Wali Kota.

Foto bersama usai pembukaan pelatihan
Lanjutnya, pelatihan kepada mama-mama ini juga merupakan salah satu cara Pemkot untuk meningkatkan SDM dan mendorong perekonomian di kampung-kampung sehingga taraf ekonomi atau pendapatan semakin meningkat dan masyarakat di kampung bisa sejahtera.

Wali Kota berharap kegiatan seperti ini tidak dilakukan hari ini saja namun harus berkelanjutan.

“Untuk belajar juga perlu kesabaran dan tidak harus terburu-buru sehingga peserta dituntut harus menyimak secara benar-benar apa yang dipraktekkan oleh para narasumber,” imbuhnya.

Narasumber yang dihadirkan pada pelatihan ini yakni Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan Perlindungan Anak dan KB kota Jayapura yang membawakan materi perempuan dan ekonomi.

Kemudian, Pimpinan Keripik Keladi Mana Lagi yang akan membawakan materi praktek keripik keladi serta Kepala Dinas Perindagkop Kota Jayapura sajian materi terkait paking dan pemasaran keripik.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga