Perdana, PT. PLN Papua - Papua Barat Luncurkan SPLU di Jayapura

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik pada fasilitas umum, PT PLN (Persero) wilayah Papua dan Papua Barat meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).
Share it:
Peluncuran perdana SPLU oleh PT PLN wilayah Papua - Papua Barat
Jayapura, Dharapos.com
Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik pada fasilitas umum, PT PLN (Persero) wilayah Papua dan Papua Barat meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Peluncuran perdana SPLU ini berlangsung di jantung Kota Jayapura tepatnya di Taman Imbi, Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, Jumat (27/10).

General Manager PT PLN (Persero) Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono mengatakan, peluncuran tersebut sebagai jawaban atas kondisi aktivitas masyarakat saat ini yang sudah mobile dan semakin banyak membawa gadget dan laptop yang tentunya membutuhkan listrik.

“Ke depan kami juga melihat bahwa kebutuhan listrik bukan hanya saja untuk gadget dan laptop, akan tetapi juga kendaraan listrik yang akan mulai masuk ke Papua. Oleh karena itu, kami mencoba membuka pasar ini, atau membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses listrik dimana saja dengan mudah,” jelasnya.

Sukrislismono mengakui dulunya masyarakat masih bisa mengandalkan power bank sebagai pengganti listrik, terutama para kawula muda yang menghabiskan waktu di taman kota sambil browsing dan kegiatan lainnya.

Maka dengan adanya SPLU ini, diharapkan kebutuhan listrik bisa teratasi.

“Nanti kami juga melihat trend penggunaan kendaraan dan sepeda listrik lainnya, mungkin akan segera meningkat juga. Itu pasti memerlukan listrik untuk di cas, hal itu yang saat ini  kami persiapkan.
Kemudian para pedagang kaki lima yang selama ini bingung mencari listrik pada saat berada di luar rumah, dengan adanya SPLU ini diharapkan bisa menjawab semua kebutuhan tersebut," ungkapnya.

Adapun cara untuk menggunakan SPLU tersebut adalah cukup dengan memasukkan nomor kode yang telah tersedia di mesin untuk membeli token (pulsa).

Juga tersedia pulsa mulai dari pecahan Rp 5 ribu yang diharapkan bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut.

“Satu SPLU ini bisa digunakan untuk enam colokan listrik. Dengan jumlah itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan listrik terutama pada saat adanya event di Taman Imbi ini,” terangnya.
Pihaknya juga menghimbau untuk masyarakat agar bisa menggunakan dan menjaga fasilitas yang ada ini.

Sukrislismono lebih lanjut merincikan, jumlah SPLU yang tersedia di seluruh area Jayapura, dimana saat ini pihaknya sudah merencanakan sebanyak 6 unit yang nantinya akan diletakkan di semua fasilitas umum.

Masing-masing di Kota Jayapura sebanyak 2 unit,  Abepura 2 unit dan Kabupaten Jayapura sebanyak 2 unit.

“Kenapa masih enam unit, karena kita sambil mengamati seperti apa efektivitas dari penggunaan untuk SPLU ini. Kekuatan SPLU ini sampai 2.200 VA untuk setiap colokannya, dan langsung menggunakan listrik dari PLN," pungkasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga