Raih WTP ke 4 Kalinya, Pemkot Jayapura Terima Penghargaan dari Menkeu RI

Pemerintah Kota Jayapura kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke empat kalinya berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menerima piagam penghargaan dari Menkeu RI
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke empat kalinya berturut-turut sejak 2013 lalu.


Berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Jayapura Tahun 2016, Pemerintahan di negeri berjuluk Port Numbay ini kembali meraih opini WTP.

Dan keberhasilan itu pun turut diapresiasi Menteri Keuangan RI berupa piagam penghargaan kepada Pemkot Jayapura yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP) Provinsi Papua, Syarwan mewakili Menkeu RI bertempat di gedung Sian Soor, kantor Wali Kota, Selasa (17/10).

Syarwan mengungkapkan WTP merupakan opini tertinggi dalam audit Iaporan keuangan dan untuk Kota Jayapura menjadi yang ke-empat kalinya bertutur sejak LKPD Tahun 2013.

Opini WTP atas LKPD Kota Jayapura 2016 ini menggambarkan pengelolaan keuangan yang dilakukan telah dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan dan ketentuan perundangan, serta tata kelola dan praktek pengelolaan keuangan yang baik (best practices).

Meski LKPD Kota Jayapura 2016 telah mendapat opini WTP, namun diakuinya masih terdapat ruang perbaikan untuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Foto bersama 3 penghargaan yang baru diterima Pemkot Jayapura
“Meningkatnya transaksi dan kompleksitas dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan akan menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk selalu melakukan upaya perbaikan,” tandas Syarwan.

Dengan semangat WTP diharapkan dapat meningkatkan sinergi untuk pembangunan demi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Selain piagam penghargaan dari Menkeu, Pemkot Jayapura juga mendapatkan dua penghargaan lainnya yaitu dari PT Taspen dalam ketepatan pembayaran IWP, JKK dan JKM.

Kemudian penghargaan dari Bank Tabungan Negara terkait pemungutan dan penyetoran potongan cicilan rumah yang dibangun atas dana BTN kepada ASN Kota Jayapura.

Atas penghargaan yang diterima, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM memberikan apresiasi kepada tim WTP dan juga OPD yang sudah bekerja keras hingga bisa meraih opini WTP dari BPK RI.

Mantan Kadispenda Kota Jayapura ini pu mendorong  tim WTP agar lebih giat lagi bekerja lagi sehingga bisa mempertahankan WTP untuk kelima kalinya.

“Dan itu akan diserahkan langsung oleh Presiden atau Menteri Keuangan,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga