Tim Ekspedisi NKRI Papua Selatan Gelar Aksi Penutup

Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi kembali menggelar aksi.
Share it:
Kegiatan pengobatan massal bertempat di Distrik Nambioman Bapai, Kampung Ima, Selasa (18/10)
Merauke, Dharapos.com
Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi kembali menggelar aksi.


Selain kegiatan pengobatan massal yang bertempat di Distrik Nambioman Bapai, Kampung Ima, Selasa (18/10), pada kesempatan yang sama juga dilakukan aksi taman pohon dengan mengambil lokasi di SD Santo Petrus Ima.

Sebagaimana siaran pers tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi yang diterima Beritapapua.Dharapos.com, sebanyak 250 orang dari berbagai jenjang usia turut memeriksakan kesehatannya pada aksi pengobatan massal yang kali ini sekaligus menjadi penutup kegiatan.

Untuk diketahui, pengobatan massal di kampung Ima ini bukan pertama kali dilakukan.
Setiap tahun pada momen peringatan Hari Kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan setempat rutin memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara massal.

Penyakit yang pada umumnya di derita masyarakat kampung Ima dipengaruhi oleh lingkungan setempat dan berindikasi menular, seperti Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) hingga diare.

Awalnya, masyarakat kampung Ima kurang peduli mengenai masalah kesehatan, namun sekarang sudah lebih baik karena mereka mau berobat ke Puskesmas terdekat.

Terlebih lagi, antusias yang tinggi dari masyarakat membuktikan betapa pentingnya kesehatan untuk bagi mereka.

Aksi penanaman pohon juga dilksanakan di SD Santo Petrus Ima
Pengobatan yang dilakukan secara gratis ini pun sangat membantu masyarakat, pasalnya rata-rata perekonomian masyarakat di kampung Ima masih cukup rendah.

Letda Ckm (K) Dr. Prima dari Kesehatan Kopassus yang tergabung dalam Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi dan Dr. Theresia Puspita Sari selaku dokter Puskesmas Kepi yang membantu pengobatan berharap ke depannya lebih baik jika diadakan penyuluhan kesehatan.

Diharapkan agar masyarakat lebih peduli lagi dengan kesehatan mereka sendiri.

Penyuluhan tersebut dilakukan lebih ke preventif  sebagai media informasi agar masyarakat lebih tertarik dan mengerti  maksud dan tujuan diadakannya penyuluhan kesehatan tersebut.

Sementara itu, aksi penanaman pohon di SD Santo Petrus Ima juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

”Sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita, mari kita berikan contoh kepada anak-anak sejak dini untuk peduli dan melestarikan alam di sekitar kita,” demikian harapan yang disampaikan Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf. Pardol.

Dengan menanam pohon yang tepat, dapat membantu menangkal hilangnya spesies, serta memberikan peningkatan habitat bagi satwa-satwa di hutan lokal.

“Penanaman pohon juga membantu masyarakat mencapai keberlanjutan ekonomi dan lingkungan jangka panjang, serta menyediakan makanan, energi dan pendapatan,” sambungnya.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementrian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga