Wabup Jayawijaya : Puskesmas Wesaput Masih Berstatus Pustu

Puskesmas Wesaput yang berlokasi di Distrik Wesaput dan telah diresmikan sejak16 Agustus lalu diketahui belum dilengkapi peralatan medis yang memadai termasuk tenaga dokter.
Share it:
Kegiatan baksos yang dilaksanakan Pertamina MOR VIII bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten
Jayawijaya berlangsung di pelataran Puskesmas Wesaput, Distrik Wesaput, Jumat (13/10)
Wamena, Dharapos.com
Puskesmas Wesaput yang berlokasi di Distrik Wesaput dan telah diresmikan sejak16 Agustus lalu diketahui belum dilengkapi peralatan medis yang memadai termasuk tenaga dokter.

Berkaitan dengan itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengungkapkan untuk sementara Puskemas Wesaput masih berstatus Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Perangkat operasionalnya kita akan siapkan di tahun 2018 nanti termasuk Dokter, barulah kita jadikan Puskesmas,” ungkapnya di sela-sela kegiatan bakti sosial (baksos) pemeriksaan dan pengobatan massal gratis kepada masyarakat Wamena yang diselenggarakan PT Pertamina Wilayah MOR VIII Papua Maluku (Pamalu) bersama Persatuan Wanita Patra (PWP), Jumat (13/10).

Baksos yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya dengan mengambil lokasi di pelataran Puskesmas Wesaput, Distrik Wesaput, Jumat (13/10) dibuka secara lansung oleh Wakil Bupati Jayawijaya Jhon R. Banua.

Wabup yang dikonfirmasi mengakui jika status tersebut bukan hanya pada Pustu Wesaput saja yang akan dikembangkan menjadi Puskemas.

“Tetapi ada juga Pustu pada beberapa distrik lainnya di tahun 2018 ini yang juga akan kami kembangkan menjadi Puskesmas,” tandasnya.

Sementara itu, dari data hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim CSR PT. Pertamina MOR Regional VIII Pamalu bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya ditemukan 10 jenis penyakit pada masyarakat.

Adapun penyakit tersebut antaranya, infeksi saluran pernapasan (ISPA), batuk, pilek, infeksi saluran kencing (ISK), penyakit kulit, maag, anemia, cacingan, kekurangan vitamin, diare dan luka ringan.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: