Wali Kota Apresiasi Festival Cross Border

Festival Cross Border sebagai ajang untuk memperkenalkan Kota Jayapura dari sisi pariwisata khususnya di kawasan perbatasan.
Share it:
Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com 
Festival Cross Border sebagai ajang untuk memperkenalkan Kota Jayapura dari sisi pariwisata khususnya di kawasan perbatasan.


Ajang ini bertujuan agar banyak orang bisa lebih mengenal kawasan perbatasan RI – PNG yang semakin maju, kondusif, aman dan damai.

Terkait ajang tersebut, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan untuk kesekian kalinya oleh Kementrian Pariwisata RI.

“Fakta ini harus kita jual keluar agar turis regional, nasional bahkan Internasional bisa melihat kawasan perbatasan ibukota  Provinsi Papua atau tepatnya kawasan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga PNG,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara Festival Cross Border,yang di selenggarakan oleh Kementrian Pariwisata RI, di areal PLBN Skouw, Kamis (5/10).

Wilayah perbatasan tegas Wali Kota, bukanlah kawasan yang menakutkan, tapi merupakan kawasan wisata yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

“Satu hal yang saya bangun di daerah perbatasan yaitu keamanan, sehingga tidak sejengkal pun batas negara kita dicaplok oleh negara tetangga PNG. Bahkan demi mengamankan perbatasan ini, Pemerintah Indonesia menempatkan ribuan pasukan TNI AD guna mengamankan berbatasan dengan baik “ tegasnya.

Hingga pembangunan infrastruktur serta melakukan penataan yang begitu indah termasuk kampung-kampung yang berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG seperti Skouw Yambe, Skouw Sae, Skouw Mabo dan Kampung Mosso.

“Semua infrastruktur di daerah perbatasan sudah maju sama dengan di kota,” tandasnya.

Penampilan salah satu grup musik saat mempersembahkan lagu
Selain itu, turut pula dilakukan pemberdayaan ekonomi kerakyatan

“Karena itu, saya mengajak Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah pusat, marilah kita menjalin kebersamaan, koordinasi dan kerja sama yang baik untuk menata daerah perbatasan ini secara maksimal,” ajaknya.

Sebagai kepala pemerintahan di Kota Jayapura, Wali Kota tak lupa mengingatkan kepada petugas perbatasan  untuk tidak sekali-kali membebaskan narkoba masuk ke daerah ini.

“Saya ingin kota ini bersih dari narkoba, sehingga saya berharap anda bertugas dengan baik, bekerja dengan hati dan dengan jujur di atas tanah dan negeri ini,” tukasnya.

Sekretaris Bidang Pengembangan Pemasaran Parawisata Mancanegara Kementrian Pariwisata RI, Giri Adnyani mengakui jika sektor pariwisata sangat mendukung perekonomian.

“Namun kita juga perlu memahami bahwa sektor pariwisata bukan semata-mata untuk mendukung sektor perekonomian,” urainya.

Ajang ini juga bertujuan untuk mempererat persahabatan antara Indonesia dengan PNG khususnya Papua dengan banyak aspek kehidupan bermasyarakat.

Karena hampir seluruh aspek kehidupan bermasyarakat juga didukung oleh pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan.

“Dengan kepariwisataan juga kita bisa saling menghormati dan saling menghargai budaya bangsa kita,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: