Wali Kota Serahkan Bantuan bagi Puluhan SD dan SMP

Guna menunjang proses belajar mengajar, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi menyerahkan sejumlah peralatan pendidikan kepada puluhan sekolah di Kota Jayapura.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyerahkan bantuan kepada salah satu pimpinan SD
Jayapura, Dharapos.com 


Guna menunjang proses belajar mengajar, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi menyerahkan sejumlah peralatan pendidikan kepada puluhan sekolah di Kota Jayapura.

Bertempat di aula SMP YPK Diaspora Kotaraja, Senin (2/10), penyerahan ditujukan kepada 32 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 64 Sekolah Dasar (SD).

Masing-masing peralatan IPA, IPS, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Orkes serta Kesenian untuk jenjang SMP dan laptop untuk jenjang SD.

Wali Kota pada momen tersebut mengharapkan pembagian alat-alat pendidikan ini dapat menunjang proses belajar mengajar di seluruh sekolah penerima manfaat.

“Sehingga turut pula meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan peserta didik di tiap jenjang mengingat Kota Jayapura merupakan barometer pendidikan di tanah Papua,” harapnya.

Kendati demikian, Wali Kota juga memastikan jika peralatan yang dibeli dengan anggaran miliaran rupiah ini nantinya akan dicek apakah digunakan untuk kepentingan siswa di sekolah atau tidak.

Wali Kota saat memeriksa seluruh peralatan pendidikan yang akan diserahkan kepada 32 SMP
Pemerintah kota, lanjut pria yang akrab disapa BTM ini mempunyai perhatian yang besar terhadap kemajuan di sektor pendidikan.

“Peralatan pendidikan ini dibeli dengan uang rakyat yang cukup besar dan tinggal kepala sekolah yang mengaturnya serta memaksimalkannya untuk kepentingan peserta didik,” lanjutnya seraya meminta pihak sekolah menjaga dan merawat peralatan tersebut dengan baik.

Pada kesempatan itu, BTM juga mengajak seluruh kepsek untuk sama-sama menjaga kualitas pendidikan di sekolah masing-masing.

Ia juga meminta pihak Dinas Pendidikan setempat untuk memantau setiap sekolah agar tidak terjadi penumpukan guru.

Dalam hal ini, keberadaan guru harus merata di seluruh sekolah.

“Yang berkaitan dengan pendidikan, saya tidak akan tinggal diam karena jika pendidikan berjalan dengan baik maka tentu akan melahirkan orang-orang yang cerdas dan pintar yang akan mengubah kota ini,” tukasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd, menambahkan dalam rangka peningkatan mutu dan SDM maka Pemkot membuat gebrakan yaitu dengan memberikan bantuan peralatan pendidikan.

Kepala SMP YPK Kotaraja, Patanduk Biring, SS, M.Pd bersama para siswa sesaat sebelum penyerahan
Dirincikan, sebanyak 32 SMP baik negeri maupun swasta yang berkesempatan mendapat bantuan peralatan pendidikan. Sedangkan sebanyak 64 SD mendapat bantuan 64 unit laptop masing-masing perunit.

“Bantuan-bantuan ini bertujuan untuk mendukung operasional di sekolah. Apalagi Kota Jayapura sudah masuk kategori Smart City, sehingga semua harus berbasis IT,” urainya.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan Dapodik yang kacau balau.

“Makanya kita bantu dalam bentuk laptop untuk kemudian kepala sekolah memberikan laptop tadi kepada operator untuk mengoperasikan Dapodik atau program sekolah,” tegasnya.

Sementara untuk SMP, output yang diharapkan adalah bagaimana meningkatkan mutu pendidikan.

Menanggapi bantuan dimaksud, Kepala SMP YPK Kotaraja, Patanduk Biring, SS, M.Pd sebagai salah satu penerima bantuan alat pendidikan mengaku langkah ini menjadi satu terobosan yang positif yang dibuat oleh Pemkot melalui Disdikbud Kota Jayapura.

Salah satu siswa SMP YPK Kotaraja berpose bersama peralatan pendidikan yang baru dibagikan 
“Kami keluarga besar SMP YPK Kotaraja merasa bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih karena perhatian dari Bapak Walikota terhadap pendidikan di Kota Jayapura khususnya di sekolah kami,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya selaku pengelola sekolah harus berkompetisi secara sehat karena Kota Jayapura sebagai barometer pendidikan harus menjadi contoh untuk kabupaten lain di tanah Papua.

Patanduk berharap dengan adanya penyerahan alat-alat pendidikan ini dapat memacu mutu pendidikan di SMP YPK Kotaraja menjadi semakin lebih baik.

Pihaknya juga bersyukur atas bantuan yang diberikan sebagai jawaban atas pergumulan selama bertahun-tahun.

“Dimana kami membutuhkan alat kesenian berupa organ, gitar dan juga alat-alat seni lukis dan nantinya kami akan pakai di galeri seni SMP YPK Diaspora untuk membina anak-anak yang punya talenta dibidang seni,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga