BPBD Papua Gelar Bimtek TRC Penanggulangan Bencana

Bimbingan Teknik (Bmtek) Tim Reaksi Cepat (TRC) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor, Senin (13/11)
Share it:
Bimtek Tim Reaksi Cepat oleh BPBD Papua dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor, Senin (13/11)
Biak, Dharapos.com
Bimbingan Teknik (Bmtek) Tim Reaksi Cepat (TRC) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua dilaksanakan di Kabupaten Biak Numfor, Senin (13/11).

Bertempat di Hotel Arumbai, kegiatan tersebut diikuti beberapa Kabupaten diantaranya Biak Numfor, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, Intan jaya, Mamberamo Raya, Jayawijaya dan BPBD Provinsi Papua.

Dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 40 orang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Biak Numfor Yacob Paru membacakan sambutan Gubernur Papua.

Gubernur menguraikan Negara Indonesia berada pada tiga lempeng besar yang bergerak setiap waktu, masing-masing Lempeng Eurasia, Pasifik dan lempeng Australia.

“Ketiga lempeng ini terus bergerak dan saling bertumpukan satu sama lainnya sehingga dapat menimbulkan berbagai bencana antara lain gempa bumi, tsunami, gunung api dan lain sebagainya,” urainya.

Oleh karena itu, upaya penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui
BNPB RI yang diberikan amanat dalam UU No. 24 Thn 2007 mengamanatkan bahwa dalam upaya penanggulangan hendaknya dilakukan secara koperhensif dan terkoordinasi.

Pemprov melalui BPBD dalam upaya penanggulangan bencana di Papua dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahapan pra bencana (sebelum terjadi bencana), bencana (tanggap darurat) dan pasca bencana (rehabilitasi dan rekonstruksi/pemulihan).

“Semua kegiatan ini dilakukan melalui sistem komando sehingga penanggulangan bencana dapat kita lakukan dengan benar dan tepat sasaran,” tandasnya.

Pantauan media ini, pembukaan Bimtek ditandai dengan pemukulan tifa dan penyematan tanda peserta.

(Hend-DK)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga