BPJS Kesehatan Biak Lakukan Persiapan Akreditasi Puskesmas Ridge

Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Biak Numfor, maka Puskesmas Ridge bakal ditingkatkan akreditasinya.
Share it:
Foto bersama seusai musyawarah masyarakat di tingkat desa oleh pihak
Puskesmas Ridge bersama BPJS Kesehatan Biak, Jumat (24/11)
Biak, Dharapos.com
Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Biak Numfor, maka Puskesmas Ridge bakal ditingkatkan akreditasinya.

Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya musyawarah masyarakat di tingkat desa oleh pihak Puskesmas bersama BPJS Kesehatan Biak., Jumat (24/11).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kampunng Yafdas ini dihadiri oleh Staf Dinas Kesehatan Biak, Kepala Distrik Samofa, 7 Kepala Desa yang ada di wilayah tersebut, tokoh masyarakat dan agama, lintas sektor terkait, Kader Posyandu.

Sementara pihak BPJS Kesehatan Biak yang di wakili oleh Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan, Wirdaos Alamhudi.

Perlu diketahui, Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan.

Adapun maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah, kemudian bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayah Puskesmas Ridge dalam rangka persiapan akreditasi.

Kepala Puskesmas Ridge, Apelius Robinson Wanma, SKM dalam pernyataannya mengungkapkan tujuan dari kegiatan musyawarah yang dilakukan adalah untuk pembinaan dan peningkatan mutu serta kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program.

“Selain itu juga, dalam penerapan manajemen resiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi,” urainya.

Dirincikan Kapus, sejumlah instrumen yang menjadi penilaian untuk mendapatkan akreditasi Puskesmas diantaranya, kompetensi tenaga kesehatan, kebersihan puskesmas, pelayanan, ketersediaan alat pemadam ringan (APAR), serta kemampuan sopir ambulans.

"Aspek penilaian akreditasi menyangkut layanan klinis yang berorientasipasien (LKBP), manajemen penunjang layanan klinis (MPLK), peningkatan mutu klinis dan keselamatan pasien (PMK)," rincinya.

Sementara itu pada momen tersebut, BPJS Kesehatan Biak juga menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kartu JKN-KIS, agar taat terhadap prodesur yang berlaku di Puskemas.

Karena dengan begitu, pasien JKN-KIS bisa mendapatakan pelayanan yang maksimal.

“Apabila tidak bisa di tangani oleh Puskemas terkait sarana prasana maka akan di rujuk ke Rumah Sakit. Jadi, jangan langsung ke rumah sakit, kecuali yang bersifat emergensi atau gawat darurat,” sambung Wirdaos.

Melalui musyawarah ini juga diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan lebih baik kepada masyarakat di sekitar Puskesmas Ridge.

“Serta dapat bersaing dalam peningkatan pelayanan baik aspek administrasi, akuntabilitas dan professional,” tukasnya.

(Hend Dk)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga