Kota Jayapura Terpilih Masuk Program “Kota Bebas Kumuh” 2018

Kota Jayapura resmi terpilih bersama 16 kota lainnya di Indonesia dan diberikan dana oleh Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk menangani Kota Bebas Kumuh Tahun 2018.
Share it:
Kota Jayapura terpilih bersama 16 kota llainnya di Indonesia masuk program "Bebas Kumuh"
Jayapura, Dharapos.com
Kota Jayapura resmi terpilih bersama 16 kota lainnya di Indonesia yang akan diberikan dana oleh Pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI untuk menangani Kota Bebas Kumuh Tahun 2018.

Terpilihnya ibukota provinsi di ujung timur Indonesia ini sejalan dengan upaya Pemerintah setempat di bawah kepemimpinan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM untuk mendorong terwujudnya Jayapura menjadi  Kota Cerdas yang berkelanjutan.

Hal ini juga sebagai respon akan laju urbanisasi yang tinggi di Kota Jayapura yang kini menjadi suatu fenomena yang pasti akan terjadi dan tidak dapat dihindari.

Terpilihnya 17 kota tersebut dalam rangka “Hari Habitat Dunia 2017" dengan tema 'Diwujudkan Rumah yang Terjangkau' dan "Hari Kota Dunia 2017" dengan tema Inovasi Kepemerintahan Menuju Terwujudnya Kota bagi Semua” yang .

“Saya telah menandatangani komitmen bersama beberapa Wali Kota di Indonesia. Saya bersama 17
Wali Kota lain telah berkomitmen menjadikan kota yang bebas kumuh melalui penataan pemukiman perkotaan menuju kota cerdas yang berkelanjutan," demikian pernyataan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM kepada Beritapapua .Dharapos.com melalui telepon selulernya, Senin (6/11).

Dalam hal ini, penataan  kota yang bersih, sehat dan hijau serta juga penataan pemukiman perkotaan
secara sempurna.

“Hal ini tentu sebagai langkah awal menuju kota cerdas yang berkelanjutan dengan menjadikan Kota Jayapura “Smart City” melalui penataan ruang terbuka hijau,” tandasnya.

Penandatanganan komitmen bersama 17 Wali Kota terpilih se Indonesia menuju "Kota Cerdas" 
Untuk itu, orang nomor satu di Ibukota provinsi Papua ini mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Jayapura terhadap kebijakan penataan kawasan perkotaan.

Demi mewujudkan itu pula, Pemkot juga telah menata wilayah perbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Ditambahkan, untuk Provinsi Papua hanya Kota Jayapura yang terpilih oleh Kementrian PUPR RI bersama dengan 17 Kota yang terpilih

Sambung pria yang sering disapa BTM ini , Menteri PUPR juga berpesan kepada para Wali Kota agar selaku Pemerintah daerah dapat mendukung dan meneruskan kebijakan Pempus melalui kementrian terkait.

“Olehnya itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Jayapura untuk mendukung program ini dengan menjadikan Jayapura kota yang cerdas berbasis kearifan lokal,” tukasnya.

Perlu diketahui, setiap tahun tema Hari Habitat Dunia (HHD) berubah-ubah mengikuti isu perkembangan permukiman global.

Tahun ini tema Hari Habitat Dunia adalah Housing Policies: Affordable Homes yang memandang aspek perumahan sebagai salah satu elemen penting yang memiliki atributif transformatif Agenda Baru Perkotaan (New Urban Agenda) untuk menghadapi tantangan dan peluang laju urbanisasi.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga