Malam ini, Wali Kota Jayapura Terima Penghargaan “Dukcapil Hebat”

Inovasi dan dukungan Kepala Daerah merupakan faktor kunci dalam mewujudkan target-target capaian kinerja dan kualitas pelayanan.
Share it:
Raut bahagia terlihat di wajah Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat mendampingi Dirjen
Dukcapil RI  Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh saat meninjau kantor Dukcapil Kota Jayapura  
Jayapura, Dharapos.com 
Inovasi dan dukungan Kepala Daerah merupakan faktor kunci dalam mewujudkan target-target capaian kinerja dan kualitas pelayanan.

Dan kepemimpinan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM di Kota Jayapura telah terbukti membawa perubahan besar melalui berbagai terobosan dan inovasi baru.

Salah satunya pada pelayanan publik di lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

Dan hingga kemudian, berujung pada sebuah penghargaan sebagai apresiasi terhadap dukungan orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini di wilayahnya dalam memaksimalkan pelayan kepada masyarakat.

Malam ini, Kamis (9/11), putra asli Port Numbay ini, akan menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI dengan kategori “Dukcapil Hebat” terhadap pengembangan inovasi dan besarnya dukungan Kepala Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

Sebagaimana isi undangan yang dikutip Beritapapua.Dharapos.com, Kamis (9/11) pagi, penghargaan tersebut akan diserahkan malam ini sekitar pukul 19.00 WIB bertepatan dengan agenda Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2017 yang akan berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta.

Prestasi ini tentu sangat membanggakan karena dukungan seorang Kepala Daerah dalam hal ini Wali Kota Jayapura mampu mengangkat nama daerahnya hingga terakui di tingkat nasional.

Pemkot Jayapura telah melakukan fungsi pelayanan kepada masyarakat yang cepat, tepat, efisien, efektif, akuntabel dan transparan serta tidak menyulitkan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Seperti dalam pelayanan pembuatan kartu keluarga, akta kelahiran, perkawinan, akta kematian hingga kartu identitas anak dan e-KTP.

Pengoperasian Anjungan Dokumen Kependudukan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Dr. Zudan
Arif Fakrulloh, yang didampingi Kadis Ny. Merlan S. Uloli, SE, M.Si, beberapa waktu lalu  
Terhadap penghargaan ini, Wali Kota mengaku tak henti-hentinya untuk terus mendorong agar OPD terkait terus berinovasi dalam melakukan pelayanan publik.

“Kita siapkan sumber daya manusia yang didukung penyediaan sarana dan prasarana yang kita miliki seperti gedung dan alat-alat penunjang pelayanan termasuk mobil operasi di lapangan serta motor pelayanan ke RT/RW,” urainya kepada Beritapapua.Dharapos.com melalui telepon selulernya, Kamis (9/11).

Pihaknya juga melengkapi penataan ruangan pelayanan seperti membuka ruang untuk ibu menyusui, ruang bermain anak-anak dan juga ruang khusus untuk merokok.

“Semua itu kita barengi dengan aplikasi-aplikasi baru yang kita miliki untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat Kota Jayapura,“ sambungnya.

Salah satu inovasi spektakuler yang dilakukan Dispendukcapil Kota Jayapura, lanjut Wali Kota, adalah pelayanan administrasi kependudukan dengan hitungan menit.

“Penghargaan ini merupakan satu kebanggaan dan hasil kerja keras kita bersama karena kita kerja bukan untuk mencari penghargaan tapi semua ini merupakan tugas pokok dalam melayani masyarakat yang kemudian dinilai langsung oleh Pemerintah pusat,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan kerja sama seluruh masyarakat Kota Jayapura di tingkat RT/RW, kelurahan dan kampung hingga distrik yang belum melakukan perekaman e-KTP agar segera datang ke kantor Distrik atau langsung ke Disdukcapil Kota.

“Karena batas perekaman e-KTP hingga akhir Desember 2017. Dan mungkin KTP yang sudah habis masa waktu harus diganti karena 1 Januari 2018 kita tidak lagi menggunakan KTP nasional tapi kita e-KTP karena berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, Pemilihan wakil rakyat yang ada di Dewan termasuk pengurusan lainnya,” imbuhnya.

Suasana pelayanan publik sementara berlangsung di Disdukcapil Kota Jayapura
Termasuk juga sekolah-sekolah diminta proaktif bersama para orang tua untuk mengurusi Kartu Identitas Anak.

Sebelumnya, pengakuan ini juga datang dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.

Ia memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Jayapura atas komitmen yang tinggi untuk membangun ekosistem pelayanan administrasi kependudukan yang sangat luar biasa.

“Dan hari ini, saya menyaksikan pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak yang hanya membutuhkan 10 menit,“ pujinya beberapa waktu lalu saat mengunjungi Disdukcapil Kota Jayapura.

Sutan malah menegaskan jika semua daerah bisa meniru sistem pelayanan di Dispendukcapil Kota Jayapura maka dirinya yakin rakyat akan berbahagia.

“Karena saya menemukan satu contoh kerja nyata Pemerintah daerah yang pelayanannya membuat rakyat benar-benar bahagia,” tegasnya.

Sutan mengaku kaget karena kota di ujung timur Indonesia ini mampu memberikan pelayanan yang sama dengan kota lain di Indonesia.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga