Pembinaan Kesatuan, Polres Mambra Gelar Sidang BP4R

Bertempat di Aula Foja, berlangsung pelaksanaan kegiatan Sidang Badan Penasehat Perkawinan Perceraian perselisihan dan Rujuk (BP4R) anggota Polri/Polres Mamberamo Raya Tahun 2017, Senin (6/11).
Share it:
Waka Polres Kompol. M. Bahimuda saat memimpin Sidang BP4R Anggota Polri/Polres
Mambra Tahun 2017 bagi 12 pasangan calon suami - istri, Senin (6/11)
Mambra, Dharapos.com 
Bertempat di Aula Foja, berlangsung pelaksanaan kegiatan Sidang Badan Penasehat Perkawinan Perceraian perselisihan dan Rujuk (BP4R) anggota Polri/Polres Mamberamo Raya Tahun 2017, Senin (6/11).

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pembinaan kesatuan yang dilaksanakan Polres Mabra.

Sidang yang berlangsung sekitar pukul 11.10 WIT, dipimpin oleh Waka Polres Kompol M. Bahimuda didampingi Kabag Sumda Polres Mambra dan diikuti  sebanyak 12 pasangan calon suami-istri anggota Polres setempat.

Sementara, para anggota sidang masing-masing, Kompol Syaiful Arsyad (Kabag Sumda), IPTU. Takdir (Kasat Binmas), dan IPTU Dorce Suda, A.Md Kasubag Watpers Sumda Polres Mambra.

Kemudian, Wakil Ketua Bhayangkari, Ibu. Tanty Nurida Bahimuda dan tokoh agama, Pdt. Mesak Ullo, S.Th yang juga Ketua Klasis Mamberamo Apawer.

Pimpinan Sidang, Kompol M. Bahimuda dalam arahan singkatnya saat membuka sidang mengatakan bahwa acara sidang BP4R ini setelah dilaksanakan sudah sah dan terikat.

Sehingga diharapkan kepada seluruh anggota agar secepatnya mengurus proses lain yang berhubungan dengan nikah kantor.

“Harapannya agar dapat bertanggung jawab sebagai suami membina rumah tangga dan jangan jadikan istri sebagai mainan serta hindari tindakan yang sifatnya kekerasan atau KDRT terhadap istri,” imbuhnya.

Sementara salah satu anggota sidang, Kompol. Syaiful Arsyad menambahkan pelaksanaan Sidang BP4R merupakan kewajiban bagi setiap anggota POLRI yang akan menikah dimana semua berkas BP4R yang diajukan oleh para pemohon sudah lengkap dan prosesnya sudah berjalan.

“Kami sangat berharap agar ke depan jangan ada atau terjadi permasalahan dalam hal apabila ada gugatan cerai dari para pihak itu akan diselesaikan di tingkat pengadilan  sehingga berharap agar perkawinan yang sudah terjadi dapat dibina dan dipertahankan,” harapnya.

Para pasangan calon saat mengikuti sidang BP4R yang berlangsung di aula Foja, Polres Mambra
Kasat Bina Mitra, IPTU Takdir juga  berharap anggota dan calon istri agar dalam menjalani kehidupan rumah tangga ke depan saling menjaga perasaan satu sama lain saling menghargai suami istri.

“Acara ini bukan seremoni akan tetapi sekali dalam seumur hidup disaksikan oleh Tuhan dan kita yang ada di sini,” tandasnya.

Wakil Ketua Bhayangkari, Ny. Tanty  Nuridah Bahimuda pun turut memberi masukan positif kepada 12 anggota Polres Mambra dan calon Istri, berharap agar setelah pelaksanaan sidang selesai secepatnya menyelesaikan nikah gereja dan juga catatan sipil sehingga para istri mendapat tunjangan sekaligus bisa menambah pendapatan keluarga.

“Kami berharap agar acara sidang ini terlaksana dengan tidak ada masalah dari lubuk hati yang paling dalam dan berdasarkan suka sama suka serta bukan karena keterpaksaan,” cetusnya.

Ny. Tanty juga berkesempatan memberi nasihat kepada anggota agar menjadikan istri sebagai sahabat, teman, saudara serta saling terima kekurangan.

“Kepada para Istri, hargai suami saat suami dinas, topang dan dukung suami dalam pelaksanaan tugas polisi dilanjutkan dengan memperkenalkan atribut/pakaian Ibu Bhayangkari kepada para calon Ibu Bhayangkari,” urainya.

Tokoh Agama Kristen Pdt. Masak Ullo, S.Th, Ketua Klasis Mamberamo Apawer juga menambahkan pernikahan ini terlaksana secara kelembagaan sesuai aturan di Institusi Polri dan pihak  gereja mendukung hal tersebut.

Dimana pihak Gereja menikahkan orang satu kali seumur hidup terkecuali satu pasangan meninggal dunia.

Gereja, tegas dia, selalu siap melayani pernikahan apabila ada yang menikah di gereja.

“Di dunia ini kita sempurna dan kita disempurnakan oleh Tuhan. Mari kita jaga dan arungi rumah tangga dalam naungan Tuhan. Dan kita harus mempunyai pemahaman bahwa hanya kepada Allah kita beroleh keselamatan,” tukasnya.

Selanjutnya Waka Polres selaku pimpinan sidang membacakan surat keputusan hasil persidangan BP4R Polres Mambra Tahun 2017.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga