Pemkot Gelar Operasi Non Yustisi Susuri Rumah Penduduk di Awiyo

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat kembali melaksanakan operasi terkait kelengkapan dokumen kependudukan, Sabtu (4/11).
Share it:

Suasana berlangsungnya operasi Non Yustisi di keluarahan Awiyo
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat kembali melaksanakan operasi  terkait kelengkapan dokumen kependudukan, Sabtu (4/11).

Kegiatan non Yustisi e-KTP kali ini dilakukan dengan menyusuri rumah-rumah penduduk .

Sasaran kali ini di Kelurahan Awiyo, Distrik Abepura, Kota Jayapura yang juga merupakan penduduk terbanyak di wilayah tersebut.

Sebelumnya,  Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengingatkan untuk para petugas yang turun menyisir pemukiman untuk tidak bersikap arogan saat melaksanakan tugas.

“Lakukan  dengan pendekatan yang humanis  sambil menyapa mereka dengan baik sembari meminta data dan  tidak boleh melakukan pertanyaan-pertanyaan di luar tugas kita,“ pintanya.

Apel persiapan tim sebelum pelaksanaan operasi Non Yustisi
Kepada warga Awiyo, Wali Kota juga menghimbau untuk tidak perlu takut.

“Silahkan menerima petugas kami yang turun ke seluruh wilayah kelurahan ambil menyiapkan identitas diri,” himbau Wali Kota.

Lanjutnya,  e-KTP merupakan program nasional sehingga seluruh kabupaten/kota di Indonesia harus menyelesaikan perekaman data hingga akhir tahun ini, termasuk Kota Jayapura.

“Selaku orang nomor satu di ibu kota provinsi Papua, dirinya menginginkan seluruh warga sudah memiliki e-KTP, sambil menargetkan Kota Jayapura menjadi salah satu kota di Indonesia yang tertib administrasi kependudukan,” harapnya.

Wali Kota mengharapkan peran Kepala distrik, kelurahan atau kampung, sampai tingkat RT dan RW untuk mendukung kebijakan Pemkot.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Kadispendukcapil Kota saat pengarahan 
Apalagi mulai 2018 sejak Januari hingga Desember nanti, semua proses pengurusan surat-surat atau aktivitas lainnya tidak lagi menggunakan KTP nasional tapi yang diberlakukan adalah e-KTP.

“Jadi sangat disayangkan, jika sampai saat ini ada warga kota yang belum memiliki e-KTP,” tegasnya.

Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, M.Si yang juga terjun langsung dalam operasi tersebut berharap agar operasi non yustisi ini membawa hasil,

Nantinya juga, tim dari Dispenduk capil akan didampingi RT dan RW, dan di back-up oleh Kepolisian dan Satpol PP.

“Kita menyisir warga yang belum  melakukan perekaman e-KTP, sesuai data nama yang telah di kantongi masing-masing kelompok, serta mendata juga warga yang sudah pindah, atau sudah meninggal dan yang belum melakukan perekaman e-ktp,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga