Pemkot Sosialisasi Pendampingan Penyusunan APBD TA 2018

Pemerintah kota melalui Badan Pemeriksaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura menggelar sosialisasi penerapan e-Planning dan e-Budgeting serta pendampingan penyusun APBD Kota Jayapura Tahun Anggaran 2018.
Share it:
Plh. Sekda Kota, Drs. Nur Jainudin Konu saat membuka sosialisasi
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah kota melalui Badan Pemeriksaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura menggelar sosialisasi penerapan e-Planning dan e-Budgeting serta pendampingan penyusun APBD Kota Jayapura Tahun Anggaran 2018.

Sosialisasi berlangsung di aula Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Jayapura, Senin (27/11) dan dibuka secara resmi oleh Plh. Sekda Kota, Drs. Nur Jainudin Konu.

Plh Sekda dalam sambutannya mengatakan APBD merupakan sebuah rencana keuangan tahunan daerah yang ditetapkan berdasarkan peraturan daerah dan disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Dan fungsi dari APBD itu sendiri adalah sebagai otoritas, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi dan stabilisasi keuangan daerah oleh sebab itu APBD harus mencerminkan kondisi keungan daerah yang berisi informasi mengenai pendapatan,belanja dan pembayaran Daerah

“Dengan demikian perencanaan dan penyusunan APBD merupakan sebuah tahapan yang fundamental dan harus dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku,” urainya.

Karena berawal dari perencanaan dan penyusunan APBD yang tertib, taat terhadap ketentuan perundang-undangan dan tepat waktu akan berpengaruh terhadap efektivitas anggaran dan akan berkontribusi terhadap terwujudnya government dan good governance.

Ke depannya, Pemkot terus melakukan bimbingan baik dari sisi kesiapan perangkat maupun SDM.

Suasana berlangsungnya kegiatan sosialisasi 
“Salah satunya adalah melakukan kerjasama dengan BPKP RI dalam penerapan integrasi sistem aplikasi Simda keuangan, Simda barang milik daerah, Simda perencanaan serta melakukan pelatihan bagi para operator dan pengelola aplikasi ini sehingga penerapan aplikasi bisa berjalan dan terkelola dengan baik,” tandasnya.

Harapan Pemkot, tentunya agar seluruh aplikasi ini terintegrasi di tahun 2018 nanti.

Oleh karena itu, sosialisasi dan pendampingan ini harus diarahkan pada peningkatan kapasitas ASN sehingga seluruh OPD di lingkungan Pemkot Jayapura mampu menerapkan seluruh aplikasi ini dengan baik.

Disamping itu juga, diharapkan agar pendampingan penyusunan APBD yang akan dilaksanakan tidak cukup hanya sampai di kegiatan ini saja.

“Tapi harus terus dilaksanakan sehingga dapat menciptakan penganggaran yang berkualitas dan tepat waktu,” tukas Plh Sekda.

Sementara itu, Ketua panitia, Antoneta C. Sarwo dalam laporannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah meningkatkan pemahaman tentang tata perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik.

Kemudian, meningkatkan keterampilan tentang penggunaan aplikasi Simda keuangan dan Simda perencanaan.

“Selanjutnya melakukan pendampingan penyusunan RKA-OPD menjadi APBD Tahun Anggaran 2018,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga