Wali Kota Launching Pengoperasian Kapal Wisata Youtefa

Bertempat di pelabuhan kontainer Jayapura, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM melaunching pengoperasian kapal wisata Youtefa milik Pemerintah Kota setempat, Sabtu (4/ 11).
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat menyampaikan sambutan sebelum launching  
Jayapura, Dharapos.com   
Bertempat di pelabuhan kontainer Jayapura, Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM melaunching pengoperasian kapal wisata Youtefa milik Pemerintah Kota setempat, Sabtu (4/ 11).


Selain Wali kota dan Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM, hadir pula Wakil Ketua dan segenap anggota DPRD Kota Jayapura serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot bersama para Asisten yang turut mengambil bagian dalam momen pengoperasian kapal wisata tersebut.

Kota Jayapura merupakan salah satu wilayah destinasi di Papua yang memiliki banyak potensi dalam bidang pariwisata dan belum digali dengan baik sebagai upaya menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

“Untuk itu, kapal ini kita adakan bagi warga Kota Jayapura mengingat setiap hari libur kerja Sabtu maupun Minggu banyak yang terpantau duduk-duduk di depan kantor gubernur dan tidak sedikit pula yang menikmati keindahan pada kawasan tersebut di waktu malam,” urai Wali Kota mengawali sambutannya.

Dengan adanya kapal ini, maka masyarakat bisa menikmati keindahan Kota Jayapura di waktu malam.

“Kapal ini juga bisa digunakan dijadikan tempat untuk menggelar rapat baik BUMD atau BUMN maupun para tamu dari luar yang ingin juga menikmati keindahan Kota Jayapura di waktu siang ataupun malam,” lanjutnya.

Berkaitan dengan operasionalnya, Wali Kota meminta Kepala Dinas Perhubungan untuk melengkapinya dengan surat izin berlayar,  serta pendukung lainnya seperti tiket dengan tidak lupa juga memperhatikan keselamatan para penumpang.

Wali Kota, Wawali bersama Wakil Ketua dan salah satu anggota DPRD Kota saat berada di dek 2 kapal
“Saya minta sebelum dioperasikan, semua kelengkapan kapal harus sudah dipenuhi termasuk nantinya lokasi dermaga  yang akan dijadikan sebagai tempat berlabuhnya kapal pesiar ini,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Jayapura, Elby Umneputti,  mengakui keterlambatan pengoperasian kapal tersebut dikarenakan masih dalam pengurusan surat-surat.

Launching perdana kapal wisata ini sepaket dengan 5 unit bus BRT bantuan Kementerian Perhubungan RI yang akan dioperasikan oleh koperasi Disperindag  Kota Jayapura.

“Kapal wisata lebih dulu di launching sedangkan 5 unit bus BRT tersebut akan menyusul,” tandasnya.

Untuk dermaga, menurut Kadis, pada 2018 mendatang baru akan dibangun di depan Taman Mesran berupa dermaga apung.

Lanjutnya, kapal wisata berkapasitas maksimal sebanyak 80 orang ini direncanakan akan beroperasi dua kali seminggu yaitu Sabtu dan Minggu dengan rute mengitari kawasan sekitar Teluk Youtefa selama 1 - 2 jam.

“Untuk setiap orang dikenakan tarif sebesar Rp20.000,” rincinya.

Sedangkan untuk biaya sewa kapal ini dikenakan biaya perhari Rp7 juta.

Menandai launching kapal, Wali Kota, Wawali, pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Jayapura menaiki dan memeriksa seluruh ruangan dalam kapal.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga