Wali Kota Serahkan Batuan Pemberdayaan bagi Masyarakat Jayapura Selatan

Masyarakat Distrik Jayapura Selatan menerima bantuan melalui Dana Pemberdayaan Distrik Tahun Anggaran 2017 yang bersumber dari DPA Distrik setempat.
Share it:
 Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, saat menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat
bertempat di halaman kantor Distrik Jayapura Selatan, Jumat (24/11)
Jayapura, Dharapos.com 
Masyarakat Distrik Jayapura Selatan menerima bantuan melalui Dana Pemberdayaan Distrik  Tahun Anggaran 2017 yang bersumber dari DPA Distrik setempat.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman kantor Distrik Jayapura Selatan yang diserahkan secara langsung oleh Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Jumat (24/11).

Saat penyerahan, Wali Kota mengakui bantuan yang disalurkan lewat distrik, kelurahan dan kampung ada yang berupa uang tunai namun sebaliknya juga berupa barang.

“Dan ini sudah merupakan aturan sehingga kita tidak bisa merubahnya,” akuinya.

Namun begitu, lanjut Wali Kota, setelah menerima bantuan ini pasti para mama mengeluh karena bantuan yang diserahkan sepertinya tidak sesuai yang mereka inginkan.

“Namun sekali lagi saya tegaskan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah ini sudah sesuai dengan aturan. Sehingga ada yang Pemerintah berikan berupa uang tunai namun ada yang langsung berupa barang,” lanjutnya.

Wali kota juga merincikan kepada penerima manfaat bahwa dana yang disiapkan Pemkot untuk pemberdayaan masyarakat distrik sejak 5 tahun yang lalu sebesar Rp900 juta. Dan distrik akan membagikannya kepada masyarakat sesuai dengan program yang dibuat dan tentunya sesuai pula dengan kebutuhan di tiap-tiap distrik.

Untuk kelurahan atau kampung, Pemkot menyiapkan anggaran senilai Rp250 juta baik berupa bantuan di bidang ekonomi bagi warga yang tidak mampu dan juga membangun infrastruktur jalan dan sebagainya.

Dan pada  2018 mendatang, Dana Pemberdayaan Distrik akan dinaikkan menjadi Rp1 miliar sementara dari Rp250 juta akan dinaikkan menjadi Rp500 juta bagi 25 kelurahan yang tersebar di 5 Distrik.

Sedangkan untuk 14 kampung yang ada di Kota Jayapura, telah terakomodir melalui dana desa sesuai dengan luas wilayah dan jumlah penduduk.

“Satu harapan, dana yang telah diturunkan kepada masyarakat dapat membantu menekan angka kemiskinan di Kota Jayapura bahkan juga pada perubahan pola hidup guna mencapai kesejahteraan masyarakat,” harap Wali Kota.

Selaku penerima bantuan, walaupun tidak seberapa tetapi masyarakat telah dapat menggunakannya.

“Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas bantuan yang diberikan setiap tahun kepada masyarakat di tiap-tiap distrik termasuk pula yang diprogramkan lewat dinas , kelurahan dan juga lewat kampung-kampung di seluruh wilayah Kota Jayapura,”tukasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Jayapura Selatan, De Jong H. W. Makanuay, ST, MT menguraikan bantuan yang secara rutin dikucurkan setiap tahun merupakan satu gagasan Wali Kota yang tentu sangat peduli terhadap masyarakat tanpa terkecuali Distrik Jayapura Selatan.

Sehingga lewat anggaran pemberdayaan Distrik Tahun 2017, pihaknya bisa melihat dan membantu kebutuhan masyarakat dari sisi ekonomi.

Dirincikan, ada lima bentuk bantuan yang diberikan yaitu bantuan kepada organisasi keagamaan, gereja, masjid danbantuan untuk sekolah .

Termasuk juga bantuan untuk Posyandu, Paud dan bantuan pengelola kios bagi warga di Jayapura Selatan.

Dari kelima bantuan tersebut ada 7 kelompok dari organisasi keagamaan atau tujuh rumah ibadah dan 5 sekolah, 25 kelompok posyandu dan 15 kelompok PAUD serta 15 kelompok pengelola kios.

Total anggaran yang dibelanjakan untuk kebutuhan bantuan pemberdayaan distrik sebesar Rp280 juta.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga