APBD TA 2018 Disetujui, Eksekutif Siap Tindak Lanjuti Pelaksanaannya

Semua fraksi menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Kota Jayapura tentang rencana pendapatan dan belanja daerah setempat tahun 2018 menjadi APBD tahun 2018 dengan komposisi anggaran Rp1.320.924.829.280 yang merupakan total pendapatan.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com


Semua fraksi menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Kota Jayapura tentang rencana pendapatan dan belanja daerah setempat tahun 2018 menjadi APBD tahun 2018 dengan komposisi anggaran Rp1.320.924.829.280 yang merupakan total pendapatan.

Persetujuan tersebut dituangkan dalam laporan pendapat akhir fraksi pada rapat paripurna DPRD Kota, bertempat di ruang rapat paripurna, Selasa (12/12).

“Dengan telah disetujuinya APBD Kota Jayapura TA 2018 maka sudah menjadi kewajiban eksekutif untuk menindaklanjuti pelaksanaannya dengan tetap memperhatikan saran, pendapat dan himbauan serta kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif selama tahapan persidangan,” tandas Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM.

Hal tersebut disampaikannya pada penutupan Sidang Paripurna terkait Rancangan peraturan daerah tentang APBD Kota Jayapura TA 2018 yang berlangsung di ruang Paripurna DPRD setempat, Selasa (12/12).

Lanjut Wali Kota, pihaknya terus memacu kinerja setiap OPD Pemkot Jayapura agar dapat meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta mampu memenuhi sumber daya dan sumber dana yang tersedia.

Penandatanganan Berita acara persetujuan  antara Wali Kota dengan Wakil Ketua DPRD
terhadap Ranperda TA 2018 menjadi Perda tentang APBD Kota Jayapura TA 2018
“Selain itu, untuk menjaga konsistensi dalam stabilisasi struktur APBD TA 2018 maka dihimbau dan menjadi perhatian kita semua terutama OPD teknis selaku pengguna dan penanggung jawab anggaran agar mengambil langkah-langkah strategis,” lanjutnya.

Seperti struktural pendapatan berupaya secara optimal untuk merealisasikan target penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) terhadap pendapatan yang berasal dari Pemerintah atasan khususnya bagi hasil pajak dana otonomi khusus perlu proaktif secara intensif memperjuangkan ke Pemerintah provinsi.

“Untuk dana alokasi umum dan alokasi khusus yang merupakan penopang utama pembiayaan daerah baik belanja pegawai maupun belanja langsung kegiatan diupayakan agar pagu definitif yang telah ditetapkan dapat terealisasikan,” urai Wali Kota.

Khusus instansi-instansi kolektor PAD agar bekerja lebih giat tingkatkan koordinasi dan kerjasama untuk mengoptimalkan realisasi target penerimaan yang telah ditetapkan dalam tahun anggaran 2018.

Untuk struktur belanja bahwa kebutuhan anggaran belanja yang telah ditetapkan dalam APBD bukanlah penganggaran yang mutlak setiap saat direalisasikan melainkan hal ini masih bersifat perencanaan indikatif dan pembayaran sangat tergantung dari realisasi pendapatan daerah.

Momen penyerahan dari Wakil Ketua DPRD kepada Wali Kota Jayapura
“Namun demikian kita harus tetap optimis dengan mengembangkan manajemen objektif dalam mendinamisasi program dan kegiatan serta sumber daya yang tersedia pada setiap organisasi perangkat daerah,” tukasnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Mathilda Yakadewa juga mengatakan keputusan Nomor 07/DPRD - KOTA/PRP/2017 tentang persetujuan Dewan terhadap Peraturan daerah tentang penetapan APBD Kota Jayapura TA 2018 sebesar Rp1.320.924.829.280,- sebagai salah satu produk hukum daerah yang merupakan perwujudan kedaulatan rakyat sebagai representasi rakyat kepada anggota DPRD yang telah dipilih sebagai wakil rakyat.

“Untuk itu, DPRD kota Jayapura mengharapkan agar program dan kegiatan TA 2018 yang sudah ditetapkan dapat dilaksanakan tepat waktu dan tepat sasaran,” tukasnya.

Bukti persetujuan tersebut dengan dilakukan penandatanganan Berita acara persetujuan  antara Wali Kota dengan Wakil Ketua DPRD kota Jayapura terhadap Ranperda TA 2018 menjadi Perda tentang APBD Kota Jayapura TA 2018.

Dan penyerahan dari Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura kepada Wali Kota.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga