Jalin Kekerabatan, BI Papua Gelar Workshop Jurnalistik

Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua menggelar Workshop Jurnalistik yang berlangsung di Hotel Asana, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (19/12).
Share it:
Kantor BI Perwakilan Provinsi Papua menggelar Workshop Jurnalistik Papua yang
berlangsung di Hotel Asana, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (19/12)
Biak, Dharapos.com
Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua menggelar Workshop Jurnalistik yang berlangsung di Hotel Asana, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (19/12).

Kegiatan yang berlangsung 19 - 21 Desember, menghadirkan narasumber Imam Wahyudi selaku Ketua Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika di Dewan Pers Pusat

Wahyudi dalam pemaparan berkesempatan menyampaikan berbagai pedoman penting dalam menyampaikan pemberitaan.

Mengingat, banyak sekali berita hoaks yang beredar di media sosial (medsos)

“Untuk mengatasi hal-hal tersebut kita sebagai Jurnalis dituntut untuk selalu menguji informasi dan memberitakan secara berimbang,” imbuhnya.

Dalam hal ini, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi dengan tetap menerapkan asas praduga tak bersalah.

Wahyudi juga mengingatkan jurnalis harus bersikap independen dan menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk.

“Kemudian tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan suku, ras ,warna kulit ,agama ,jenis kelamin dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang miskin, sakit cacat jiwa atau cacat jasmani,” urainya lagi.

Dan yang tak kalah pentingnya, Jurnalis harus menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya kecuali untuk kepentingan publik serta menempuh cara-cara yang profesional dalam melaksanakan tugas sebagai jurnalistik.

Sementara itu Arya Jodilistyo selaku Manajer Fungsi Asesmen Ekonomi dan Surveylans mengatakan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk menjalin kekerabatan.

“Kami dari pihak BI Perwakilan Provinsi Papua ingin menjalin kekerabatan dengan insan pers dan menjadikan insan pers sebagai mitra kerja kami,” tandasnya.

Diharapkan, materi yang disampaikan oleh Dewan Pers dapat dipatuhi oleh para wartawan dengan menyajikan berita yang valid dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga